bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

4 Tips Memelihara Anjing untuk Pemula

Hewanians, memelihara anjing merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun, sebagai pemula, terkadang hal ini bisa membuat kamu takut. Meskipun begitu, jangan takut, Hewania punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat memelihara anjing untuk pertama kalinya.

Yuk ketahui 4 tips memelihara anjing untuk pemula di bawah ini seperti dilansir dari Daly Paws!

Tips Memelihara Anjing untuk Pemula

1. Pilih Jenis Anjing yang Paling Tepat untuk Kamu

Tips memelihara anjing untuk pemula adalah memilih ras yang tepat. Setiap anjing punya karakteristiknya tersendiri. Sebagai contoh, jika kamu termasuk punya gaya hidup yang aktif, maka anjing seperti German Shepherd ataupun Husky akan cocok.

Selain dari level aktivitasnya, memilih anjing berdasarkan ukurannya juga tak kalah penting. Jika kamu tinggal di rumah yang kecil, maka anjing berukuran kecil seperti French Bulldog ataupun Chihuahua merupakan pilihan yang bijak.

Faktor lain yang harus kamu perhatikan saat memilih anjing adalah budget. Jika kamu ingin memelihara anjing. Jika kamu punya budget yang tidak terbatas, maka kamu bisa memilih anjing mahal seperti Tibetan Mastiff.

Tibetan Mastiff dianggap sebagai anjing termahal, karena telah terjual ribuan bahkan jutaan dollar. Pada tahun 2014, seekor anak anjing Tibetan Mastiff dijual dengan harga hampir $2 juta di China.

2. Pilih Makanan yang Tepat

Tips memelihara anjing untuk pemula selanjutnya adalah pemilihan makanan. Makanan adalah faktor yang sangat penting bagi kesehatan anjing. Jika kamu salah dalam memilih makanan, maka anjing kamu bisa mengalami masalah kesehatan, termasuk alergi sistematis.

Menurut AKC, Makanan anjing yang baik akan mengandung daging, sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Makanan anjing terbaik mengandung versi berkualitas tinggi dari bahan-bahan ini yang sesuai untuk sistem pencernaan anjing.

3. Sisihkan Waktu untuk Bermain dengan Anjing

Bermain tak hanya menyenangkan buat anjing, tapi hal ini juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Bermain dapat membantu menjaga persendian anjing tetap terlumasi, dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasinya secara keseluruhan.⁠

Di sisi lain, permainan dengan aturan memaksa anjing kamu untuk menggunakan otaknya, bukan hanya tubuhnya. Ini dapat membantu menjaga pikirannya tetap tajam dan fokus.⁠ Bermain juga dapat meningkatkan sikap hewan peliharaan kamu, menjaganya agar tidak bosan, dan membantunya rileks.

4. Berkonsultasi dengan Dokter Hewan

Tips memelihara anjing untuk pemula yang terakhir dan paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan mereka.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!