bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

7 Tips Merawat Anjing di Apartemen

Hewanians, apakah kamus sedang mencari tipe memelihara anjing di apartemen? Merawat anjing di apartemen membutuhkan perhatian khusus untuk memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan mereka.

Berikut ini adalah beberapa tips memelihara anjing di apartemen!

Tips Memelihara Anjing di Apartemen

1. Pilih Ras yang Sesuai

Pertimbangkan ras anjing yang cocok untuk tinggal di ruang terbatas. Ras dengan ukuran kecil hingga menengah atau yang memiliki tingkat energi yang lebih rendah biasanya lebih cocok untuk apartemen.

Baca Juga: 5 Pilihan Anjing Apartemen. Mana Pilihanmu?

2. Latihan Fisik dan Mental

Walaupun ruang terbatas, anjing tetap membutuhkan olahraga dan stimulasi mental. Sediakan waktu untuk berjalan-jalan di luar, bermain di taman anjing, atau bermain dengan mainan interaktif di dalam ruangan.

Berikut beberapa tips untuk melatih fisik mental anjing di apartemen: 

  • Ajak Berjalan-jalan: Ajak anjing kamu  berjalan-jalan di sekitar kompleks apartemen atau di area terdekat yang aman. Sesuaikan frekuensi dan durasi berjalan sesuai dengan kebutuhan energi anjing kamu.
  • Mainan Interaktif: Berikan mainan interaktif yang membutuhkan upaya fisik seperti bola puzzle atau mainan makanan yang membutuhkan upaya untuk mendapatkannya. Hal ini akan mengaktifkan anjing secara mental dan fisik.

3. Buat Area yang Nyaman

Berikan tempat tidur yang nyaman dan aman untuk anjing di apartemen kamu. Sediakan juga area khusus untuk makan dan minum yang mudah diakses.

4. Latihan Buang Air

Melatih anjing untuk buang air pada tempat yang tepat adalah salah satu aspek penting dalam perawatan dan pelatihan anjing. 

Berikut adalah beberapa tips untuk melatih anjing kamu dalam hal buang air:

  • Tentukan Area untuk Buang Air: Pilih area atau tempat tertentu di dalam atau di luar apartemen sebagai tempat buang air anjing. Pastikan area tersebut mudah diakses dan konsisten dalam penggunaannya.
  • Pilih Waktu yang Tepat: Biasakan membawa anjing ke area buang air setelah bangun tidur, makan, minum, atau bermain. Anjing cenderung buang air dalam waktu singkat setelah aktivitas-aktivitas tersebut.
  • Gunakan Perintah Verbal: Ketika membawa anjing ke tempat buang air yang ditentukan, gunakan perintah verbal seperti “pup” atau “toilet” secara konsisten. Dengan waktu yang tepat dan perintah yang konsisten, anjing akan mengaitkan perintah tersebut dengan tindakan buang air.
  • Pujilah dan Beri Hadiah: Setelah anjing buang air di tempat yang ditentukan, pujilah dan beri hadiah dalam bentuk pujian verbal, pats, atau hadiah kecil seperti camilan. Ini akan memberikan asosiasi positif dengan tindakan yang diinginkan.
  • Lakukan dengan Rutin: Buat rutinitas yang konsisten dalam membawa anjing ke tempat buang air, termasuk waktu dan perintah verbal yang digunakan. Konsistensi akan membantu anjing kamu  mengerti di mana dan kapan harus buang air.

5. Latih Sosialisasi Anjing Kamu

Penting untuk melatih sosialisasi anjing dengan orang lain dan hewan peliharaan lain. Ajak anjing bertemu teman dan tetangga secara teratur. 

6. Perhatikan Suhu Apartemen

Pastikan suhu di dalam apartemen tetap nyaman bagi anjing. Jaga agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Berikan ventilasi yang baik dan perhatikan tanda-tanda kelelahan atau ketidaknyamanan termal pada anjing.

Suhu yang paling tepat untuk anjing dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti ras, ukuran, dan kondisi kesehatan anjing. Secara umum, suhu nyaman bagi anjing berada di kisaran 21-26 derajat Celsius di dalam ruangan.

Namun, penting untuk memperhatikan bahwa beberapa ras anjing memiliki toleransi yang berbeda terhadap suhu.

Pada suhu yang lebih tinggi, anjing dapat mengalami overheating atau heatstroke. Oleh karena itu, pastikan anjing memiliki akses ke tempat yang sejuk, air segar yang cukup, dan perlindungan dari sinar matahari langsung saat suhu meningkat.

Di sisi lain, suhu yang terlalu rendah juga dapat berbahaya bagi anjing. Beberapa ras anjing, terutama yang memiliki mantel pendek atau tidak memiliki lapisan lemak yang cukup, lebih rentan terhadap kedinginan. Pastikan anjing memiliki tempat hangat untuk berlindung, seperti tempat tidur dengan bahan isolasi atau menggunakan pakaian pelindung saat suhu dingin.

7. Rawat Kesehatan Anjing Secara Rutin

Jangan lupakan kunjungan rutin ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatan dan vaksinasi yang diperlukan. Jaga kebersihan gigi, kuku, dan bulu anjing dengan merawatnya secara teratur.

Ini akan membantu mereka hidup dengan nyaman dan mengembangkan ikatan yang kuat dengan kamu sebagai pemiliknya.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!