bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Waspada Keracunan Obat Kutu pada Kucing! Apa saja tanda-tandanya

May 17, 2023by HEWANIA0

    Saat anda melihat kucing anda sering garuk- garuk badannya kemudian over grooming dan tiba- tiba menggigit bagian tubuhnya atau bahkan di seluruh tubuhnya. Mungkin anda perlu waspada bila kucing anda mengalami kutuan. Saat anda mengetahui bahwa teman berbulu anda berkutu pasti anda akan memutuskan untuk memberikan obat kutu. Kutu dan pinjal tentu sering ditemukan pada kucing. Terdapat berbagai macam jenis obat kutu di pasaran dari yang paling murah hingga yang mahal. Banyak produk yang menawarkan obat kutu dengan kandungan aktif permethrin didalamnya. Namun apakah anda sering mendengar bahwa permethrin merupakan salah satu kandungan yang berpotensi menimbulkan keracunan pada kucing dan dapat mengancam jiwanya. Berikut sedikit penjelasan mengenai permethrin.

 

Apa itu permethrin dan piretrin?

       Selain permethrin kandungan aktif obat kutu yang lain yaitu pirethrin. Keduanya berbahaya bagi kucing anda.

      Pirethrin adalah senyawa alami yang ditemukan di dalam bunga krisan kering, sedangkan permethrin adalah digunakan sebagai pembunuh serangga insektisida dan sebagai obat kutu pada hewan peliharaan ternak. Meskipun pada anjing permethrin relatif aman, namun tidak bagi kucing. Kucing sensitif terhadap senyawa ini karena mereka tidak dapat memecah racun ini karena kekurangan enzim hati. Jika dibiarkan maka akan menumpuk di dalam tubuhnya dan menimbulkan gejala serius.

Baca Juga: Mengenal Kucing Turkish Van, Si Cantik yang Bisa Berenang!

Bagaimana kucing bisa keracunan?

      Keracunan pada kucing akibat permethrin ini biasanya terjadi secara tidak sengaja. Alasan mengapa kucing bisa keracunan permethrin yaitu :

  1. Diberikan obat kutu untuk anjing
  2. Menjilat produk obat kutu yang terkandung bahan aktif permethrin
  3. Overdosis pemberian obat kutu

       Keracunan permethrin tentu saja merupakan hal yang tidak kita duga, terkadang pemberian dengan dosis yang tepat juga masih bisa menimbulkan keracunan pada kucing. Karena sebenarnya permethrin pun tidak semestinya digunakan sebagai obat kutu karena mereka merupakan jenis obat insektisida. Kekentalan atau persentase kandungan permethrin yang berbeda tiap jenis obat kutu bisa menimbulkan efek keracunan yang berbeda pada tiap jenis kucing. 

Apa saja tanda atau gejala dari keracunan permethrin?

      Efek keracunan permethrin biasanya akan muncul 1 jam setelah pemberian obat kutu. Semakin pekat dan tinggi dosis racunnya maka gejalanya akan semakin parah. Berikut adalah gejala keracunan pada kucing :

  1. Panting
  2. Air liur menetes terus menerus dan muntah
  3. Diare
  4. Lesu
  5. Iritasi kulit
  6. Wajah dan telinga berkedut
  7. Inkoordinasi
  8. Kejang
  9. Hipertermia
  10. Sesak napas hingga kebutaan

     Keracunan biasanya akan bergerak cepat secepat denyut jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga tanpa penanganan segera kemungkinan kucing untuk bertahan hidup kecil. Saat racun sudah masuk kedalam pembuluh darah dan mengalir menuju jantung dan kemudian dipompa lagi oleh jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh, saat itulah racun permethrin akan mematikan kucing.  Kejadian ini akan berlangsung sangat cepat dalam hitungan menit sehingga pertolongan emergency harus segera dilakukan. Namun semua tergantung dari kekentalan dan dosis pemberian dari permethrin. Semakin kental dan semakin banyak dosis permethrin yang diberikan maka akan semakin cepat membunuh kucing.

        Jika anda terlanjur memberikan obat kutu yang tidak sesuai dan berbahaya untuk kucing anda sebaiknya segera untuk menghentikan pemberiannya. Langkah yang dapat anda lakukan :

  1. Segera mencuci bulu kucing yang telah anda tetesi obat kutu tersebut dengan sabun cuci piring (karena obat kutu jenis ini mengandung banyak minyak, sehingga sampo khusus hewan tidak berfungsi sempurna dalam mengangkat minyaknya)
  2. Keringkan bulunya dengan handuk hingga benar-benar kering
  3. Jangan sampai dijilat oleh kucing anda

 

Bagaimana pencegahan keracunan permethrin pada kucing?

Berikut adalah pencegahan yang dapat dilakukan agar kucing anda tidak mengalami keracunan obat kutu dengan kandungan permethrin :

  1. Pilih obat kutu khusus diperuntukan bagi kucing dan sudah di approve oleh dokter hewan anda
  2. Baca petunjuk dan dosis pemberian yang tepat, jika anda merasa ragu sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan anda 
  3. Setelah pemberian obat kutu pastikan jangan sampai terjilat dan tunggu hingga kering
  4. Jangan berikan obat kutu anjing untuk kucing anda
  5. Jauhkan obat kutu dari jangkauan kucing dan anjing anda

 

     Pemberian permethrin sangat berbahaya untuk kucing, oleh karena itu pastikan anda membeli obat kutu yang tepat untuk kucing anda. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan anda untuk mendapatkan produk yang tepat bagi kucing anda. Untuk lebih amannya anda bisa mengajak teman berbulu anda untuk melakukan pemberian obat kutu langsung oleh dokter hewan.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!