bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

9 Fakta Unik tentang Kucing Chartreux, Si Pendiam yang Cantik!

December 4, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, meski kucing Chartreux dikenal cenderung pendiam, itu tidak berarti bahwa mereka tidak aktif. Mereka masih dapat menjadi kucing yang sangat suka bermain dan senang berkegiatan, terutama jika ada mainan atau kesempatan untuk berolahraga. Kucing ini biasanya suka bermain dengan pemiliknya dan terkadang menunjukkan sifat yang nakal.

Mereka memiliki penampilan yang cantik dan menarik. Kucing Chartreux memiliki ciri khas tertentu yang membuat mereka dikenali dengan mudah. Bulu Chartreux biasanya berwarna abu-abu biru hingga abu-abu gelap. Warna bulunya dapat berubah seiring pertambahan usia.

Apakah kamu punya keinginan untuk merawat salah satu kucing paling cantik di dunia ini? Yuk simak fakta-fakta menarik tentang kucing Chartreux dibawah ini!

1. Dipercaya Berasal dari Prancis

Kucing Chartreux dipercaya berasal dari Prancis, dan catatan sejarahnya dapat ditelusuri kembali hingga abad ke-16.

2. Versi Lain Mengatakan Kucing Ini Berasal dari Suriah

Kisah lain menunjukkan bahwa Chartreux modern adalah keturunan kucing liar dari Suriah, yang dibawa ke Prancis oleh Tentara Salib sekitar abad ke-13

3. Namanya Diasosiasikan dengan Keagamaan Katolik

Nama “Chartreux” sendiri diyakini berasal dari kata “Chartreux,” yang berarti “Kartusian” dalam bahasa Prancis. Kartusian adalah sebuah ordo keagamaan Katolik yang didirikan pada abad ke-11. Salah satu teori adalah bahwa para biarawan Kartusian di Prancis memelihara kucing ini, dan kucing-kucing tersebut kemudian menjadi terkenal sebagai kucing Chartreux.

4. Sering Disebut Mirip dengan British Shorthair

Kucing Chartreux dan British Shorthair memiliki beberapa kemiripan dalam penampilan fisik mereka. Keduanya memiliki tubuh yang kokoh dan berotot, dengan kepala biasanya bulat, memberikan wajah yang imut.

Baik Chartreux maupun British Shorthair memiliki bulu pendek yang rapat dan halus. Keduanya dapat memiliki variasi warna, tetapi Chartreux umumnya dikenal dengan warna bulu abu-abu biru, sementara British Shorthair dikenal dengan berbagai warna dan pola, termasuk biru, coklat, hitam, krim, dan lain-lain.

5. Punya Warna Bulu yang Khas

Ciri paling mencolok dari kucing Chartreux adalah warna bulu abu-abu biru mereka, yang dapat berkisar dari abu-abu muda hingga abu-abu gelap.  Bulu Chartreux pendek, halus, dan rapat. Teksturnya memberikan sentuhan yang lembut dan mengkilap.

6. Punya Kepribadian yang Unik, Antara Extrovert dan Introvert

Kepribadian kucing Chartreux menyenangkan dan dianggap sebagai kucing tengah.Mereka tidak terlalu ekstrovert sampai-sampai mereka terus-menerus menuntut perhatian kamu, Meski begitu, mereka juga tidak terlalu introvert sehingga mereka bersembunyi setiap kali ada yang berkunjung.

7. Punya Sifat yang Pendiam 

Kucing Chartreux  juga relatif pendiam, dan mereka cenderung kurang vokal daripada beberapa ras kucing lainnya. Mereka juga sering dianggap sebagai kucing yang tenang dan ramah.

8. Relatif Punya Grooming yang Mudah

Dibandingkan beberapa kucing lainnya, kucing Chartreux relatif mudah dirawat. Mereka akan mengalami kerontokan bulu yang banyak setahun sekali, biasanya sekitar musim semi, saat bulu mereka memerlukan perhatian setiap hari. Sepanjang sisa tahun ini, Kucing Chartreux  mungkin hanya perlu menyikat gigi sebentar beberapa kali seminggu.

9. Cocok untuk Pemula

Dalam hal merawat kucing Chartreux, semuanya cukup standar—kucing ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang baru pertama kali merawat kucing. Mereka membutuhkan makanan bergizi, olahraga setiap hari, stimulasi mental, dan perhatian dari keluarga

Kesimpulan

Itulah beberapa fakta unik tentang kucing Chartreux. Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!