bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui Alasan Shedding pada Anjing!

December 5, 2023by HEWANIA0

Kerontokan rambut atau shedding merupakan hal yang sering kali dialami oleh hampir semua anjing. Kerontokan rambut ini adalah kondisi normal yang memang akan terjadi pada anjing. Umumnya kondisi shedding terjadi paling banyak 1 – 2 kali dalam setahun bergantung pada rasnya. Kondisi ini membuat khawatir para pemilik anjing karena hal ini dapat berkaitan dengan kesehatan anjingnya. Namun apakah yang menjadi penyebab utama dari shedding pada anjing? Apa yang dapat pemilik anjing lakukan dalam menghadapi kerontokan rambut pada anjing? Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada anjing dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Kennel Cough Misterius yang Sedang Marak di USA: Ketahui pencegahannya di Musim Liburan!

 

 1. Faktor Lingkungan

Beberapa ras anjing terlihat mengalami shedding secara alamiah saat pergantian iklim, terutama ras-ras anjing dengan rambut tebal dan panjang seperti Siberian Husky, Alaskan Malamute, Golden Retriever, dan Samoyed. Ras-ras anjing tersebut terbiasa hidup di iklim dingin dan daerah bersalju. Shedding dapat terjadi pada saat perubahan iklim dari dingin menjadi panas. Sehingga hal ini menjadi perhatian para pemilik anjing dengan ras rambut panjang yang memelihara anjingnya di iklim tropis seperti Indonesia. Kondisi iklim tropis membuat anjing dengan rambut tebal dan panjang mengalami kerontokan normal yang lebih sering dikarenakan adanya penyesuaian kondisi agar tubuh anjing tidak mudah kepanasan. Cara mengurangi kerontokan yang dapat terjadi pada ras-ras anjing tersebut, dengan menyesuaikan kondisi lingkungan kandang untuk anjing seperti memberikan pendingin ruangan pada saat suhu lingkungan terasa lebih tinggi dari biasanya.


2. Stress

Anjing ataupun hewan lainnya memiliki rasa stress yang berbeda-beda. Stress yang berlebihan dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebih. Selain kerontokan rambut, stress dapat menyebabkan gejala lain seperti kurangnya nafsu makan, gelisah ataupun ketakutan, diare dan muntah. Apabila anjing terlihat dalam kondisi stress Anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui penyebab utama anjing Anda mengalami stress sehingga ada penanggulangan yang tepat untuk pengurangan stressnya.

 3. Kelainan Hormon

Kelainan hormon merupakan salah satu gangguan yang dapat membuat kerontokan rambut pada anjing. Jenis kerontokan rambut yang diakibatkan oleh gangguan hormonal dapat membuat rambut anjing rontok total dan sulit untuk tumbuh kembali. Gangguan hormonal memerlukan pengobatan, apabila tidak segera diobati kerontokan dapat berlangsung hingga jangka panjang. Beberapa penyebab gangguan hormonal yang menyebabkan kerontokan pada anjing seperti hipotiroidisme dan Cushing’s Syndrome. Penyakit-penyakit ini sering kali menyerang anjing berusia muda (dibawah 3 tahun) ataupun anjing berusia tua (diatas 12 tahun). Selain kerontokan rambut, penyakit ini menunjukkan gejala lain, serperti abnormalitas pada kulit (hiperpigmentasi, kulit lebih tipis), pembesaran pada perut, kesulitan bernapas, dan penurunan berat badan. Kerontokan rambut yang diakibatkan oleh gangguan ini dapat ditanggulangi dengan melakukan pengobatan hormon oleh dokter hewan.

 4. Infeksi

Infeksi pada kulit menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut pada anjing, baik diakibatkan oleh bakteri, jamur, ataupun kutu. Infeksi dapat menimbulkan gejala lain selain kerontokan rambut pada kulit, seperti kemerahan, bentol-bentol, adanya kepitakan, hingga munculnya nanah. Umumnya infeksi kulit ini bersifat menular, sehingga apabila anjing Anda sedang mengalami infeksi kulit sebaiknya dipisahkan dari anjing lainnya yang sehat.

 

 5. Kekurangan Nutrisi

Rambut pada anjing menjadi salah satu indikator anjing dalam kondisi sehat. Kecukupan nutrisi menjadi hal utama dalam proses pertumbuhan rambut, seperti protein, lemak, dan beberapa vitamin serta mineral. Ketika anjing mengalami kekurangan asupan nutrisi, kerontokan rambut sering kali terjadi. Asupan nutrisi yang cukup menjadi hal utama dalam menjaga kualitas rambut dan kesehatan anjing, serta mencegah kerontokan rambut pada anjing.

 

Faktor lainnya selain beberapa faktor diatas, seperti adanya paparan bahan kimia seperti sampo dan parfum, dan beberapa penyakit tertentu seperti autoimun, diabetes, atau kanker. Selain pengobatan dalam menanggulangi kerontokan rambut pada anjing, bentuk pencegahan perlu dilakukan agar tidak terjadi kerontokan yang berkepanjangan. Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan dengan Dokter Hewan.

Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Tirza Hira Rahmadani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!