bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kennel Cough Misterius yang Sedang Marak di USA: Ketahui pencegahannya di Musim Liburan!

December 4, 2023by HEWANIA0

Kennel Cough, atau batuk kennel, adalah penyakit yang tengah menjadi sorotan di dunia hewan peliharaan, terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Pada musim ini, ketika banyak pemilik anjing menitipkan hewan peliharaan mereka di hotel hewan atau kennel untuk liburan, penting untuk memahami gejala, penyebab misterius yang sedang berkembang, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil.

Baca Juga: Simak 8 Fakta tentang Hidung Anjing yang belum anda ketahui!

 

Gejala Kennel Cough: Apa yang Harus Anda Perhatikan?

Kennel Cough seringkali disertai dengan gejala yang mirip dengan pilek manusia. Anjing yang terinfeksi mungkin mengalami batuk-batuk yang khas, bersin, hidung berair, dan kadang-kadang demam ringan. Pemilik hewan peliharaan harus memperhatikan perubahan perilaku anjing mereka, terutama jika mereka baru saja pulang dari penginapan hewan.

Penyebab Misterius: Mengapa Kennel Cough Menjadi Tantangan?

Salah satu aspek yang membuat Kennel Cough menjadi misterius adalah variasi penyebabnya. Meskipun penyakit ini seringkali disebabkan oleh bakteri Bordetella bronchiseptica dan virus seperti parainfluenza, canine adenovirus, dan canine distemper virus, beberapa kasus terbaru menunjukkan bahwa penyebabnya mungkin lebih kompleks dan beragam dan pada kasus-kasus terkini di Amerika, PCR menunjukan hasil negatif pada antigen-antigen yang umumnya menyebabkan kennel cough. Beberapa laporan juga menyebutkan Kennel Cough ini tidak membaik dengan antibiotik yang umum digunakan dan menyebabkan pneumonia parah dan bahkan kematian.

Para peneliti hewan sedang bekerja keras untuk memahami mutasi baru dari agen penyebab ini yang dapat mempengaruhi efektivitas vaksin yang sudah ada. Mutasi ini dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk tekanan lingkungan di kennel atau hotel hewan yang padat.

Pentingnya Pencegahan, Terutama di Musim Liburan

Walaupun kasus Kennel Cough misterius ini belum dilaporkan di Indonesia, namun tidak ada salahnya kita sebagai pemilik hewan untuk berjaga-jaga, apa lagi bila ingin menitipkan anjing kesayangan ke tempat penitipan. Inilah saatnya untuk mempertimbangkan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk melindungi hewan peliharaan dari Kennel Cough:

  •  Vaksinasi yang Rutin:
     Pastikan anjing Anda telah divaksinasi dengan vaksin Kennel Cough seperti Bordetella dan Parainfluenza, terutama jika mereka akan berinteraksi dengan anjing lain di kennel atau tempat umum seperti dog park.

  • Kebersihan yang Ditingkatkan:
    Kennel yang baik akan menerapkan protokol kebersihan yang ketat, termasuk membersihkan dan mendesinfeksi ruangan secara teratur. Pastikan kennel yang Anda pilih memiliki standar kebersihan yang tinggi dan juga mengharuskan vaksin Bordetella dan Parainfluenza untuk hewan yang akan menginap.
  • Pencegahan Kontak Langsung:
    Hindari kontak langsung dengan anjing yang terlihat sakit atau menunjukkan gejala Kennel Cough. Penyebaran penyakit ini terjadi melalui tetesan air liur, sehingga hindari permainan kasar di antara anjing-anjing yang tidak dikenal.
  • Suplemen Kesehatan:
    Pertimbangkan untuk memberikan suplemen kesehatan, terutama vitamin C dan zinc, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan anjing.

  • Pemeriksaan Kesehatan Pra-Penitipan:
    Sebelum menitipkan anjing Anda di kennel, pastikan mereka dalam kondisi kesehatan yang baik dengan memeriksakan mereka ke dokter hewan.

  • Isolasi Jika Terinfeksi:
    Jika anjing Anda mengalami gejala Kennel Cough, hindarilah menitipkannya di kennel atau tempat umum hingga mereka pulih sepenuhnya.

Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, pemilik hewan peliharaan dapat memastikan bahwa anjing mereka tetap sehat dan bahagia selama musim liburan. Meskipun Kennel Cough dapat menjadi tantangan, perhatian ekstra terhadap kesehatan dan kebersihan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit ini di antara populasi anjing.

Untuk menjaga kesehatan anabul anda konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!