bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingKesehatanKapan Anak Anjing Boleh Dimandikan?

Desember 23, 2022by HEWANIA0

Hewanians, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan saat memelihara anak anjing, termasuk masalah kebersihannya. Terkait hal ini, kamu mungkin punya banyak pertanyaan, termasuk kapan anak anjing boleh dimandikan.

Buat kamu yang sedang mencari jawaban untuk pertanyaan ini, yuk baca penjelasan kapan anak anjing boleh dimandikan berikut ini!

Baca juga: Tips Memilih Makanan Anak Anjing. Yuk Perhatikan!

Kapan Anak Anjing Boleh Dimandikan?

Anak anjing biasanya boleh dimandikan setelah mereka mencapai usia sekitar 8-12 minggu, atau setelah mereka mulai memperoleh kekebalan terhadap virus dan infeksi. Sebelum itu, tidak disarankan untuk memandikan anak anjing karena lapisan pelindung alami pada kulit dan bulu mereka belum cukup kuat.

Untuk memandikan anak anjing kamu, pertama-tama bersihkan telinga dan mata mereka dengan air dan tisu basah. Kemudian basuh anak anjing kamu dengan sabun khusus anak anjing atau shampoo yang lembut, pastikan untuk menghindari daerah sekitar mata dan telinga. Setelah itu, bilas anak anjing kamu dengan air bersih hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk atau gunakan hairdryer pada mode dingin.

Sebaiknya jangan terlalu sering memandikan anak anjing kamu, karena dapat menghilangkan lapisan pelindung alami pada kulit dan bulu mereka. Jika anak anjing kamu kotor atau berbau, kamu bisa menyikat atau membersihkan bagian yang terkontaminasi dengan tisu basah atau sikat lembut.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memandikan Anak Anjing

Saat tiba saatnya untuk memandikan anak anjing kamu untuk pertama kalinya, pastikan kamu memiliki semua yang kamu butuhkan, termasuk:

  1. Hadiah. Gunakan hadiah anak anjing untuk memberi mereka imbalan atas perilaku yang baik dan untuk membantu mereka mengasosiasikan waktu mandi dengan hal-hal yang mereka sukai.

2. Handuk. Tergantung pada jenis anjing dan bulu anjing yang kamu miliki, mereka mungkin cepat atau lambat kering. Meski begitu, kamu akan membutuhkan handuk untuk mengeringkan mereka – dan mungkin handuk lain untuk kamu sendiri.

3. Sikat. Pastikan kamu memilih sikat yang sesuai berdasarkan bulu anjing kamu (panjang, pendek, kasar, dll). Sikat dapat membantu mengangkat bulu yang lepas dan mengatasi masalah lainnya.

4. Shampoo. Pilih shampoo yang dibuat khusus untuk anjing, karena shampoo manusia tidak cocok untuk bulu mereka.

5. Hair dryer. Gunakan dengan hati-hati, karena anak anjing dapat mengalami panas berlebih jika kamu menempatkan dryer terlalu dekat atau terlalu lama. Jika suara keras menakuti anak anjing kamu, coba beri hadiah kepada mereka sehingga menjadi pengalaman yang positif.

Kamar mandi, sink atau wadah. Apakah kamu menggunakan kamar mandi, sink atau kolam renang, anak anjing kamu kemungkinan akan bergulat atau menggeliat air dari bulu mereka. Jadi, pastikan daerah sekitar cocok untuk basah.

5 Cara Memandikan Anak Anjing

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk memandikan anak anjing kamu:

  1. Persiapkan semua peralatan yang kamu butuhkan, seperti hadiah, handuk, sikat, shampoo, hair dryer, dan tempat mandi.

2. Bersihkan telinga dan mata anak anjing kamu. Gunakan air dan tisu basah untuk membersihkan telinga dan mata anak anjing kamu sebelum memandikannya. Jangan masukkan apapun ke dalam telinga anak anjing kamu, karena dapat menyebabkan kerusakan.

3. Basuh anak anjing kamu dengan shampoo yang sesuai. Gunakan shampoo khusus anak anjing atau shampoo yang lembut, dan pastikan untuk menghindari daerah sekitar mata dan telinga. Gunakan sedikit air untuk membasuh anak anjing kamu, dan usapkan secara lembut ke seluruh tubuh mereka.

4. Bilas anak anjing kamu dengan air bersih. Pastikan untuk menghilangkan semua sisa shampoo dari tubuh anak anjing kamu, agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit mereka.

5. Keringkan anak anjing kamu. Gunakan handuk untuk mengeringkan anak anjing kamu.

Alasan Kenapa Kebersihan Anak Anjing Penting

Kebersihan anak anjing penting untuk beberapa alasan, termasuk:

  • Menjaga kesehatan anak anjing: Menjaga anak anjing kamu bersih dapat membantu mencegah infeksi dan penyakit kulit, serta mempertahankan sistem kekebalan tubuh mereka.
  • Menghilangkan bau tidak sedap: Anak anjing yang kotor atau berbau dapat menimbulkan bau tidak sedap di sekitar rumah, yang dapat mengganggu kebersihan rumah kamu.
  • Menjaga kecantikan bulu anak anjing: Menjaga anak anjing kamu bersih dan terawat dapat membantu menjaga kecantikan bulu mereka, menjaga mereka terlihat sehat dan menarik.
  • Meningkatkan hubungan dengan anak anjing: Membersihkan anak anjing kamu secara teratur dapat menjadi cara yang baik untuk mempererat hubungan kamu dengan mereka, serta memberikan kesempatan untuk memeriksa kondisi kulit dan bulu mereka dengan lebih dekat.

Kesimpulan

Itulah jawaban untuk kapan anak anjing boleh dimandikan. Masih punya pertanyaan tentang kesehatan dan kebersihan anak anjing? Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania dan jaga kesehatan hewan kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!