bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Mau Pelihara Anjing Pitbull? Yuk Baca dulu Informasinya Disini!

November 27, 2023by Galih Primananda0

Anjing Pitbull seringkali menjadi pusat perdebatan dan kontroversi di kalangan pecinta hewan peliharaan. Dengan reputasi yang bervariasi dari anjing pekerja hingga stereotip berbahaya, penting untuk memahami informasi yang lengkap tentang ras satu ini. 

Hewania ini akan membahas karakteristik, sifat, dan sejarah anjing Pitbull. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Jenis Anjing Polisi Paling Terkenal. Dari Herder sampai Doberman

Karakteristik Anjing Pitbull

Anjing Pitbull memiliki karakteristik penampilan yang khas dan dapat diidentifikasi melalui sejumlah ciri fisik tertentu. Berikut adalah beberapa karakteristik penampilan umum dari ras Pitbull:

Pitbull cenderung memiliki tubuh yang berotot dan kompak. Tinggi anjing Pitbull bervariasi, tetapi mereka umumnya memiliki postur yang kuat dan atletis.

Berat badan berkisar antara 30 hingga 85 pound (13 hingga 39 kilogram), tergantung pada jenis dan individu.

Kepala Pitbull biasanya lebar dan tegak. Telinga seringkali berbentuk setengah segitiga dan bisa tegak atau setengah jatuh.

Pitbull memiliki rahang yang kuat dan lebar. Gigitan kuat, dengan rahang yang mampu menahan tekanan tinggi. Mereka tersedia dalam berbagai warna dan pola, termasuk merah, cokelat, hitam, putih, dan bercorak.

Beberapa Pitbull memiliki warna solid, sementara yang lain memiliki corak bercak atau belang.

Leher pendek dan kuat, menyatu dengan badan yang kekar. Dada dalam, memberikan tampilan dada yang lebar dan dalam.

Sejarah Anjing Pitbull

Jenis anjing Pitbull merupakan keturunan Bulldog Inggris Kuno yang berasal dari Inggris pada abad ke-19. Awalnya, mereka sering digunakan untuk kegiatan pertarungan dan berbagai olahraga berdarah, seperti memancing banteng, mengadu domba, dan adu anjing ilegal.

Perubahan mendasar terjadi ketika anjing ini perlu menjadi lebih lincah dan atletis, sehingga mereka dikawinkan dengan anjing terrier, menghasilkan Pitbull Terrier.

Peran dan persepsi terhadap Pitbull mengalami perubahan signifikan saat ras ini bermigrasi ke Amerika Serikat. Mereka mulai berperan sebagai anjing pekerja di peternakan, menjaga ternak, dan melaksanakan tugas rumah tangga di sekitar peternakan dan rumah-rumah yang sibuk. 

Secara bertahap, Pitbull Terrier dikenal sebagai American Pitbull Terrier dan akhirnya menjadi salah satu ras anjing paling populer di Amerika Serikat.

Menariknya, selama dua perang dunia, Pitbull digunakan sebagai maskot negara dan muncul dalam poster perekrutan serta kampanye iklan. 

Salah satu contohnya adalah Sersan Stubby, anjing terkenal yang bahkan diangkat menjadi Sersan setelah membantu menemukan dan menangkap mata-mata musuh selama Perang Dunia I. Sersan Stubby memiliki peran penting dalam melacak dan menemukan tentara yang terluka, serta memberikan peringatan tentang keberadaan gas setelah serangan musuh. 

Kisahnya bahkan diabadikan dalam sebuah film pada tahun 2018. 

Baca Juga: Ini 8 Ras Anjing Hitam. Dari Doberman Sampai Labrador

Sifat Anjing Pitbull

Sifat anjing Pitbull sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, pengasuhan, dan latihan yang diberikan oleh pemiliknya. 

Pitbull cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Mereka tidak cenderung menjadi pemalu atau takut.

Selain itu, Anjing Pitbull memiliki tingkat energi yang tinggi. Oleh karena itu, mereka memerlukan latihan fisik dan mental yang cukup untuk menjaga keseimbangan dan kebahagiaan mereka.

Pitbull adalah anjing yang cerdas dan pandai belajar. Mereka biasanya merespons dengan baik terhadap pelatihan positif dan konsisten.

Jiika dirawat dengan baik, cenderung memiliki hubungan yang kuat dan percaya pada manusia. Mereka sering kali sangat setia terhadap keluarga mereka.

Pitbull dapat menjadi anjing yang ramah dan bersahabat terhadap orang lain jika mereka diberi pengenalan sosial yang baik sejak dini.

Banyak Pitbull yang memiliki tingkat kesabaran yang baik, terutama dengan anak-anak. Namun, seperti semua anjing, pemantauan selalu diperlukan saat berinteraksi dengan anak-anak.

Secara umum, agresi tidak termasuk dalam sifat alami anjing Pitbull. Agresivitas yang terlihat pada beberapa individu sering kali merupakan hasil dari pengasuhan yang tidak benar atau perlakuan yang buruk.

Baca Juga: 5 Jenis Anjing Pitbull yang Paling Populer

Apakah Anjing Pitbull Berbahaya? 

Penting untuk memahami bahwa karakter dan perilaku anjing, termasuk Pitbull, tidak hanya ditentukan oleh rasnya tetapi juga oleh faktor-faktor seperti pengasuhan, pelatihan, dan lingkungan di mana anjing tersebut dibesarkan. 

Kesalahpahaman umum tentang anjing Pitbull adalah bahwa mereka secara alami atau genetis cenderung agresif atau berbahaya. Namun, tidak benar untuk menggeneralisasi seluruh ras anjing ini sebagai berbahaya.

Banyak Pitbull yang merupakan anjing yang setia, ramah, dan penuh kasih terhadap keluarganya. Sifat ini bergantung pada cara mereka dibesarkan, dilatih, dan diperlakukan oleh pemilik mereka. 

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!