bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Alasan Anjing anda kabur saat dipanggil!

November 27, 2023by HEWANIA0

    Tidak ada yang lebih membuat frustasi daripada memanggil anjing anda berulang kali namun diabaikan oleh teman kecil anda bahkan malah kabur menjauh dari anda. Sebenarnya langkah- langkah dasar dalam melatih anjing agar mereka datang saat dipanggil sangatlah mudah tetapi kebanyakan pemilik hewan peliharaan tidak menyadari betapa banyak upaya yang harus dilakukan untuk membangun ingatan jangka panjang dan dapat diandalkan. Ditambah mungkin anda membatalkan pelatihan perilaku tersebut sehingga anda menjadi sedikit putus asa. Berikut adalah 5 kesalahan umum yang mungkin anda lakukan saat mencoba memanggil anjing anda.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Anjing Menggonggong Tengah Malam

 

 1. Anjing anda sering dihukum dulunya

      Kadang kala anda merasa lelah dengan perilaku anjing anda yang tidak mau datang, yang dapat menyebabkan anjing takut untuk dimarahi, atau bahkan mungkin mereka ketakutan jika dihukum fisik. Sayangnya marah pada anjing anda saat mereka berada didekat anda tidak akan dapat mengajari apa yang harus mereka lakukan. Sehingga mereka malah tidak akan mendatangi anda di kemudian hari karena memiliki perasaan kesal saat mereka anda panggil. Saat anda ingin memanggil anjing anda dan mereka menjawabnya dengan datang kepada anda merupakan kegiatan yang luar biasa. Maka jangan memarahi anjing anda saat mereka mencoba mendekati anda. Kemudian cobalah kembali berulang- ulang agar mereka sukses mau mendatangi anda dengan memberikan hadiah camilan untuk anjing anda sehingga meningkatkan respon ingatannya.

 2. Anda memanggil dengan marah

    Jika anda memanggil anjing anda dengan nada marah, apakah anda sendiri ingin mendengarkannya? Hal tersebut juga berlaku untuk anjing anda, namun banyak pemilik hewan yang melakukannya atau memanggil hewan kesayangannya dengan menunjukkan kemarahannya saat memanggil anjingnya. Suara yang keras dan marah akan membuat anjing anda cenderung tidak berlari ke arah anda karena mereka tahu bahwa anda sedang tidak senang. Sebaliknya, saat anda memanggil anjing anda dengan mempertahankan nada yang sama yaitu tetap ceria dan selalu memuji saat anjing anda bergerak mendekati anda maka mereka akan datang dengan menambah kecepatannya karena menyadari bahwa ia melakukan pekerjaan dengan baik. Dan jangan lupa untuk memberikan camilan setiap kali mereka mau datang menghampiri anda!

 3. Anda melatih anjing anda menghampiri hanya di lingkungan tertentu saja

     Saat anda pertama kali memanggil anjing anda mungkin anda lakukan di tempat pelatihan anjing dan dilanjutkan dengan di beberapa ruangan serta di halaman rumah anda. Anjing anda mungkin mahir dalam merespon lingkungan tersebut sehingga anda berpikir bahwa anjing anda sepenuhnya memahami isyarat pemanggilannya. Namun anjing biasanya tidak menggeneralisasi perilakunya dengan baik, yang berarti meskipun anjing anda responsif di lingkungan yang sudah mereka kenal, namun bisa saja mereka tidak dapat menerjemahkan saat dipanggil ke lokasi baru. Untuk meningkatkan kefasihan ingatan anjing anda, penting untuk melatih anjing anda untuk datang ketika dipanggil dalam berbagai situasi. Berlatihlah dengan anjing anda di lingkungan baru seperti halaman berpagar taman atau lapangan tenis dan kemudian bertahap ke tempat yang lebih mengganggu seperti taman anjing. 

 4. Saat anda memanggil dengan kata “ayo” berarti kegembiraan atau aktivitasnya sudah berakhir

   Beberapa anjing mengabaikan penarikan tersebut karena mereka memahami bahwa saat anda datang berarti mereka merasa harus meninggalkan taman bermain, berhenti mengejar burung atau tupai di halaman. Memanggil anjing anda untuk mengajaknya pulang atau berhenti bermain secara konsisten merupakan sesuatu yang tidak mereka sukai. Tidak berarti anda hanya boleh menggunakan kata “memanggil” anda dalam situasi positif tetapi anda harus menyadari bagaimana anjing anda mungkin memahami arti kata tersebut agar mau datang menghampiri anda. Untuk melawan anggapan anda memanggil dengan berakhirnya kegiatan yang membuatnya bahagia maka cobalah lakukan kegiatan mengejutkan seperti memanggilnya ditengah- tengah saat mereka bermain dan berilah camilan yang lezat. Lalu berikan pujian dan biarkan teman berbulu kecil anda bermain lagi. Dengan begitu anjing anda tidak akan bisa mengetahui apakah kesenangannya berakhir atau tidak saat anda memanggilnya. 

 5. Mengulang banyak kata “ayo” sehingga menjadi “wallpaper verbal”

   Saat anda menggunakan kata “ayo” dibandingkan dengan isyarat “ayo, ayo, ayo, ayo, ayo, ayo, ayo!” pasti sangat berbeda. Banyak anjing yang akhirnya menunda respon terhadap kalimat yang anda lontarkan karena mereka menganggap bahwa mereka tidak perlu melakukannya sampai anda mengatakannya ribuan kali. Dibanding menggunakan kata “ayo” berulang kali anda bisa menggunakan kata “come” atau “come here” dan mengelusnya saat mereka mendekat ke anda. 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa membawa ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!