bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Yuk Ketahui 6 Kebiasaan Tidur Anjing Anda!

November 28, 2023by HEWANIA0

    Jika anjing anda tidak lapar atau meminta makanan, atau tidak menemani anda jalan- jalan tentu waktunya habis dilakukan dengan tidur. Dan memang faktanya demikian, teman berbulu anda menghabiskan tidur rata- rata 12 jam hingga 14 jam sehari. Karena anda sering berada di dekatnya saat mereka tertidur, tentu anda akan menjadi penasaran dengan berbagai kebiasaan dan tingkah laku mereka saat tidur. Saat teman berbulu anda tertidur tentu anda akan melihat berbagai macam pose yang menggemaskan, saat kereta mendengkur, menggerakkan kakinya di malam hari saat tertidur pulas, dan berbaring dalam posisi sebelum tidur yang lucu. Berikut adalah alasan mengapa anjing anda melakukan hal- hal lucu yang mereka lakukan saat mendengkur atau berbaring tidur. 

Baca Juga: 3 Alasan Utama Kenapa Anjing Tidak Mau Makan

 

 1. Tidur di tempat tidur yang nyaman

    Pernahkah anda memperhatikan bahwa sebelum menemukan tempat untuk bermalam atau tidur, anjing anda akan berkeliaran, berputar- putar beberapa kali lalu menjatuhkan dirinya untuk tidur. Atau mungkin saat anjing anda merapikan tempat tidurnya agar tidurnya nyaman, atau bersembunyi jauh di dalam selimut. Anjing merupakan hewan yang suka berkumpul dan bersembunyi. Saat seekor anjing mengelilingi suatu tempat tidur sebelum tidur artinya ia menandai wilayahnya serta memastikan keadaan aman sehingga mereka tidak rentan. Juga bisa diartikan sebagai cara untuk memindai lingkungan guna memeriksa ancaman sebelum berbaring tidur. Saat anjing bersembunyi jauh di bawah selimut, berarti anjing sedang mencari perlindungan dan kehangatan. 

 2. Meringkuk seperti bola

         Pernahkah anda merasa heran dengan anjing anda yang sudah mendapatkan tempat tidur yang luas namun tetap tidur meringkuk menjadi bola kecil dan hanya menempati seperempat ruang tidurnya? Tenang, anda tidak perlu khawatir. Perilaku ini berasal saat dulu anjing hidup berkelompok di alam liar. Waktu itu, ruang tidur sangat sempit jadi anjing harus membaginya dengan kawan- kawannya agar bisa muat. Selain itu hal ini juga menjadi cara untuk menjaga diri mereka tetap aman dan hangat. Karena bentuk tidur ini menjaga panas tubuh dan menjaga organ dalam mereka dari predator. Jadi meskipun anjing anda tahu bahwa tempat tidur atau kandangnya aman, ia hanya mengikuti apa yang diperintahkan oleh DNA- nya.

 3. Aktif tidur

       Anjing sering kali menjadi sangat aktif dalam tidurnya seperti menggerakkan matanya yang setengah tertutup di bawah kelopak mata, bergerak- gerak, membesarkan, menendang- nendang kaki, bersuara dan mengayuh kakinya. Anjing bisa menjadi cukup aktif selama fase tidur REM (rapid eye motion). Tidur REM merupakan termasuk dalam fase bermimpi. Jadi saat anjing anda tertidur kemudian mereka dalam fase REM jangan menghentikan fase REM anjing anda. Karena anjing anda memerlukan waktu untuk kembali ke fase ini jika sampai terbangun. Meskipun anjing menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk tidur namun fase REM ini jarang terjadi secara terus menerus karena saat ada suara bising anjing anda akan merasa tidak nyaman dan terbangun dari tidurnya. 

 4. Tidur dengan terlentang dan membuka  perut

     Jika anjing anda tertidur dan memilih posisi terlentang dengan perut terbuka artinya anjing anda sangat nyaman dengan lingkungan sekitarnya. Secara naluri alamiahnya anjing ketika tidur akan melindungi bagian organ dalamnya dengan tidur meringkuk. Namun saat mereka tidur dengan terlentang dan membuka perutnya artinya mereka sangat terikat dengan lingkungannya dan merasa sangat aman berada dekat dengan anda pemiliknya. Seiring dengan semakin banyaknya hewan yang dijinakkan maka pola hidup mereka juga berubah karena mereka tidak memerlukan perlindungan yang sama saat tidur di alam liar dengan tidur di atas kasur yang empuk dan nyaman.

 

 5. Tidur dengan posisi terbentang

      Jika anjing anda tidur dengan posisi terbentang atau berbaring di tanah atau di lantai saat istirahat maka saat itu anjing anda sedang mencari kenyamanan bahkan sering kali diartikan anjing anda sedang mencoba untuk menenangkan diri. Posisi ini merupakan kebalikan dari posisi tidur melengkung dan dianggap sebagai barometer yang bagus untuk mengetahui apakah teman berbulu anda lebih menyukai kondisi atau lingkungan yang sejuk. 

 

 6. Tidur di atas kasur anda

    Jika anjing anda suka berpelukan dan tertidur dengan kepala di pangkuan anda dapat diartikan bahwa teman berbulu kecil anda merasa sangat terikat dengan anda. Karena anjing merupakan kawanan atau kelompok yang secara histori senang berkumpul, bergaul, dengan sesama anjing di sarangnya pada malam hari. Maka naluri alamiahnya menuntun mereka untuk tetap mengikuti instingnya. Jika anjing anda tetap ingin melompat ke atas kasur anda setiap malam artinya mereka ingin tidur sedekat mungkin dengan anda. Jadi jika mereka tidur diatas bantal anda, ngiler diatas bantal anda, menyapa pagi anda dengan nafas baunya, ingatlah itu semua karena cinta! Haha

Untuk menjaga kesehatannya konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!