bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingKesehatanBolehkan Anjing Memakan Coklat? Ini Jawabannya!

Januari 16, 2023by HEWANIA0

Hewanians, Kebiasaan pemilik hewan memberikan makan dan minuman yang dikonsumsinya tanpa disadari dapat membahayakan hewan peliharaan jika di makan. 

Lalu apakah coklat aman buat anjing? Buat kamu yang penasaran, yuk simak penjelasan bolehkan anjing memakan coklat di bawah ini!

Baca juga: Tips Memilih Makanan Anak Anjing. Yuk Perhatikan!

Bolehkah Anjing Memakan Coklat?

Hewanians, Perlu kamu ketahui bahwa konsumsi coklat untuk anjing bisa berbahaya. Jika ditanya apakah anjing boleh makan coklat? jawabannya adalah tentu tidak boleh, karena Ketika memakan coklat bisa menyebabkan keracunan.

Perlu kamu ketahui bahwa coklat mengandung  methylxanthines yaitu theobromine dan kafein yang dapat membahayakan anjing peliharaan kamu. Kenapa senyawa theobromine ini berbahaya untuk anjing? Karena sistem pencernaan mereka tidak bisa mencerna senyawa tersebut dengan baik. 

Kedua zat theobromine dan kafein bisa memicu detak jantung lebih cepat, merangsang sistem saraf, menyebabkan kerusakan pada otak serta saraf dan memicu tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Hati-hati, 10 Makanan Berbahaya Untuk Anjing Ini Bisa Sebabkan Kematian

Dosis Coklat yang Dapat Menyebabkan Keracunan pada Anabul

Beberapa jenis coklat yang kandungan theobromine paling tinggi sampai rendah adalah bubuk kakao, Roti isi coklat, coklat hitam dan susu coklat. Tingkat keparahan gejala tergantung dari seberapa banyak coklat yang dikonsumsi. 

Gejala ringan apabila anjing mengkonsumsi 20 mg methylxanthines per kg BB akan timbul gejala muntah dan diare. Gejala perubahan detak jantung jika mengkonsumsi 40-50 mg methylxanthines per kg BB. 

Anjing akan mengalami gangguan sistem saraf seperti tremor,kejang-kejang,koma dan akhirnya mati. jika sudah mengkonsumsi lebih dari 60 mg methylxanthines per kg BB. Gejala dapat muncul 6-12 jam setelah konsumsi coklat.

Bagaimana Cara Mengatasi Anjing Makan Coklat?

Beberapa cara yang kamu dapat lakukan jika anjing mu terlanjur memakan coklat yaitu segera hubungi dokter hewan lewat aplikasi Hewania, lalu cari tahu berapa banyak coklat yang dikonsumsi anjing agar dapat memberikan informasi kepada dokter hewan. 

Dalam kasus yang lebih parah di sarankan di bawa ke klinik hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan khusus.

Writer: drh .Mella Risky Prima

Editor: Galih Primananda Mulyana

Referensi:

Yanuartono, Y,  Alfarisa N, Indarjulianto S, Slamet R, Hary, P & Nurman H. (2020). Keracunan coklat pada anjing: manajemen terapi dan pencegahan. Jurnal Sain Veteriner 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!