bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingMengenal Kucing Caracal, Apakah Bisa Dipelihara?

Januari 15, 2023by HEWANIA0

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang ingin memelihara kucing eksotis seperti kucing caracal? Keberadaan kucing eksotis sebagai hewan peliharaan memang kini tengah menjadi tren di tanah air.

Lantas, apa itu kucing caracal? Bagiamana mereka kini bisa menjadi kucing peliharaan? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Apa Itu Kucing Caracal?

Menurut National Geographic, caracal merupakan kucing liar berukuran sedang yang hidup di sabana, gurun, dan hutan di sebagian besar Afrika dan sebagian Timur Tengah. 

Bulunya biasanya berwarna kuning kecoklatan atau emas kemerahan dengan dagu, tenggorokan, dan bagian bawah berwarna putih. Telinganya yang besar dan runcing, berujung hitam dan berumbai, adalah ciri khas dari kucing eksotis ini.

Mereka memangsa burung dan mamalia, seperti rusa, kelinci, dan merak. Di Asia telah dilatih sebagai binatang berburu. Berkaki panjang dan berekor pendek, tinggi kucing caracal biasanya  40–45 cm dan panjangnya bervariasi dari 66 hingga 76 cm (sekitar 26 hingga 30 inci).

Habitat dan Makanan

Kucing caracal hidup Afrika dan Timur Tengah ke India. Mereka punya kemampuan adaptasi yang baik dengan lingkungan yang berpotensi keras seperti sabana, semi-gurun, hutan kering, padang rumput berbukit kering, dan pegunungan kering. 

Caracal berburu di malam hari tetapi tidak pilih-pilih dan memakan mangsa apa pun yang bisa mereka tangkap, berlari mengejar musang, hewan pengerat, hyrax, dik dik, dan monyet. 

Kadang-kadang, caracal membunuh mamalia sebesar impala atau kudu muda dan mungkin menyerang ternak domestik. Kucing lincah ini memiliki kemampuan melompat yang luar biasa, melompat hingga 10 kaki (3 meter) untuk memukul burung yang sedang terbang. Mereka bahkan dapat melompati burung unta yang sedang duduk! 

Caracal menjaga cakarnya tetap tajam untuk membantu mereka menangkap mangsanya. Mereka kadang-kadang bisa memanjat pohon dan bahkan menyimpan tangkapan mereka di dahan untuk dimakan nanti. 

Karena jangkauannya yang luas, caracal mungkin merupakan predator teratas di wilayahnya atau mungkin ada karnivora yang lebih besar (seperti singa atau anjing berwarna) yang harus diwaspadai.

Konservasi Kucing Caracal

Meski populasi kucing caracal tidak menurun di sebagian besar wilayah jelajahnya, tetapi masih ada ancaman terhadap populasinya. Ini termasuk perusakan habitat karena pertanian dan pembunuhan pembalasan, karena caracal akan berburu ternak kecil jika diberi kesempatan. 

Spesies ini dilindungi secara hukum di sebagian besar wilayah jelajahnya. Pemilik tanah di Namibia dan Afrika Selatan diizinkan untuk membunuh caracal jika dianggap mengancam properti mereka.

Kucing Caracal Sebagai Hewan Peliharaan

Kucing Caracal tidak dianggap sebagai hewan peliharaan yang umum. Mereka adalah hewan liar yang memerlukan lingkungan yang besar dan kondisi yang khusus untuk hidup yang sehat. 

Selain itu, Caracal juga memiliki tingkat energi yang tinggi dan kebutuhan untuk bergerak dan berburu. Oleh karena itu, memelihara Caracal sebagai hewan peliharaan sangat tidak dianjurkan dan bahkan dapat dilarang di beberapa negara.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi tentang kucing caracal. Masih punya pertanyaan tentang hal ini? Yuk tanyakan langsung pada dokter hewan di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan online. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!