bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ciri-ciri Kucing Obesitas yang Harus Kamu Waspadai

February 6, 2024by Galih Primananda0

Obesitas merupakan ancaman serius bagi kesehatan kucing karena dapat menyebabkan berbagai masalah seperti diabetes, masalah jantung, tekanan darah tinggi, dan masalah persendian. Kucing yang obesitas juga rentan terhadap penyakit pernapasan, risiko kanker yang lebih tinggi, serta penurunan kualitas hidup karena kesulitan bergerak dan merawat diri sendiri. 

Obesitas pada kucing bukan hanya mengurangi harapan hidup mereka, tetapi juga mengurangi kualitas hidup secara keseluruhan. Oleh karena itu, mengendalikan berat badan kucing dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik yang cukup sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan yang serius.

Lalu, apa saja ciri-ciri kucing obesitas? Buat kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Kenapa Obesitas Bahaya bagi Kucing?

Obesitas dapat menjadi sangat berbahaya bagi kucing karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah beberapa alasan mengapa obesitas sangat berbahaya bagi kucing:

  • Masalah Kardiovaskular: Kucing yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan hipertensi.
  • Resiko Diabetes: Obesitas meningkatkan risiko kucing untuk mengembangkan diabetes mellitus. Kucing yang obesitas cenderung memiliki resistensi insulin yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan diabetes.
  • Masalah Pernapasan: Kucing yang obesitas mungkin mengalami kesulitan bernapas karena tekanan pada organ dalam tubuh mereka yang lebih besar.
  • Masalah Persendian: Beban berlebih pada persendian dapat menyebabkan kerusakan sendi dan osteoarthritis pada kucing obesitas.
  • Masalah Pencernaan: Kucing yang obesitas juga rentan terhadap masalah pencernaan seperti sembelit atau diare karena ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan mereka.
  • Penurunan Kualitas Hidup: Obesitas dapat mengurangi kualitas hidup kucing karena mereka mungkin mengalami kesulitan bergerak, bermain, atau melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Risiko Kanker: Kucing yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker usus.
  • Kesulitan dalam Perawatan Diri: Kucing yang obesitas mungkin kesulitan dalam merawat diri sendiri, seperti membersihkan bulu mereka atau mencapai bagian tubuh tertentu untuk menjaga kebersihan.

Ciri-ciri Kucing Obesitas

Mengidentifikasi apakah kucing kamu menderita obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi tugas yang menantang, karena kucing memiliki beragam bentuk dan ukuran. Tambahan pula, semua kucing memiliki lapisan perlindungan berupa kulit kendur, lemak, dan bulu yang dikenal sebagai kantong primordial. 

Karena kantong ini lebih terlihat pada beberapa kucing daripada yang lain, banyak pemilik kucing yang keliru menganggap kantong ini sebagai lemak perut yang berlebihan. 

Meski demikian, kucing dengan kantong primordial yang besar pun mungkin tetap berada dalam rentang berat badan yang sehat. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri kucing obesitas: 

  • Pinggang kucing tidak terlihat saat dilihat dari atas. 
  • kamu tidak dapat merasakan tulang rusuk kucing kamu di bawah lapisan lemak perut.
  • Perutnya tampak bulat dan terlihat bengkak.

Bagaimana Cara Mengatasi Obesitas pada Kucing?

Untuk mengatasi obesitas pada kucing, kamu perlu mengatur pola makan dengan memberikan makanan rendah kalori namun tinggi serat, serta mengontrol porsi makan secara ketat. Disarankan untuk meningkatkan aktivitas fisik kucing dengan memberikan kesempatan bermain dan berolahraga secara teratur. 

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan kucing, termasuk diet khusus atau program penurunan berat badan. Penting juga untuk memastikan kucing mendapatkan perhatian medis yang tepat untuk memantau kemajuan dan memastikan bahwa penurunan berat badan berlangsung secara aman dan efektif.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!