bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingDiakui Dunia! Ini 6 Fakta Anjing Kintamani

Desember 1, 2022by HEWANIA0

Hewanians, pada 2019 lalu, anjing kintamani resmi diakui sebagai anjing trah global menurut Federation Cynologique Internasionale. Anjing kintamani merupakan anjing yang berasal dari pulau Bali. Mereka biasanya hidup di jalanan Bali dan berkeliaran disana.

Sebagai anjing asal Indonesia, ternyata anjing kintamani punya banyak sekali fakta menarik loh! Mereka tak kalah dengan anjing-anjing dari luar negeri seperti German Sheperd ataupun Dalmatian. Buat kamu yang penasaran, ini beberapa fakta anjing kintamani yang mungkin belum kamu ketahui!

Baca juga: 7 Jenis Anjing Kecil Terbaik yang Bisa Kamu Pelihara. Mana Favoritmu?

Sejarah Anjing Kintamani

Anjing kintamani adalah ras anjing kecil hingga sedang yang berkembang secara alami di Bali. Tak hanya anjing kintamani, pulau dewata juga punya ras anjing lain bernama anjing bali. Anjing kintamani hidup di perkampungan dan dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Lalu, bagaimana asal usul anjing kintamani? Menurut wagwalking, anjing kintamani berevolusi dari anjing liar di Bali. Ada beberapa ras anjing yang dipercaya menjadi nenek moyang anjing kintamani. Seperti malamute, samoyed, hingga chow-chow.

Di Bali sendiri masih banyak anjing kintanamani yang hidup liar. Baik di jalananan, maupun di gua-gua terdekat. Mereka juga sering berkembang biak dengan anjing lainnya seperti anjing bali. Saat ini, diperkirakan terdapat 12.000 ekor anjing kintamani yang hidup di Kabupaten Bangli dan sekitarnya.

Fakta Anjing Kintamani yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tidak kalah dengan ras anjing lainnya, ternyata anjing kintamani punya banyak fakta menarik loh. Beberapa diantaranya adalah:

1. Anjing Asli dari Bali

Sudah bukan rahasia umum kalo anjing kintamani adalah ras yang berasal dari Bali, Indonesia. Mereka berasal dari daerah Kintamani, Bali dan sekitarnya. Uniknya, sangat jarang sekali anjing kintamani asli yang berkembang biak di tempat lain.

2. Jejaknya Bisa Ditelusuri Sejak 3000 Tahun Lalu

Sekitar 3000 tahun yang lalu, anjing pertama datang ke pulau Bali dan sebagian besar berasal dari Asia. Kepemilikan anjing tidak populer saat itu dan anjing-anjing ini dengan cepat menjadi anjing jalanan setengah liar yang bebas berkeliaran.

Mereka bebas berkembang biak sesuka mereka dan tanpa perawatan khusus dari peternak anjing. Dari sinilah asal mula anjing kintamani berasal.

3. Sangat Suka Menjaga Teritorinya

Fakta anjing kintamani selanjutnya adalah, mereka termasuk anjing penjaga yang baik. Memiliki sifat mandiri, ras ini mungkin sangat teritorial bahkan kerap menunjukan perilaku agresif ketika anjing lain masuk ke arenanya. Di sisi lain, perilaku ini bisa membuat mereka menjadi anjing penjaga yang handal.

4. Meski Agresif, Anjing Kintamani Ternyata Penyayang dan Loyal!

Meski bisa sangat agresif terhadap anjing lain ataupun orang lain yang mencurigakan, namun anjing kintamani ternyata penuh kasih sayang kepada pemiliknya loh. Mereka juga punya loyalitas yang tinggi terhadap pemilik beserta keluarganya.

5. Meski Punya Bulu yang Panjang dan Indah, Groomingnya Tidak Terlalu Sulit!

Meski punya bulu yang panjang, grooming pada anjing kintamani ternyata tidak terlalu sulit. Bulunya juga tidak terlalu sering rontok, Hewanians! Selain itu, kamu juga tidak perlu memandikan mereka terlalu sering.

Meski begitu, kamu harus memperhatikan dengan serius pemilihan produk untuk perawatan bulu dan kulit mereka. Hal ini karena, mereka punya kulit yang cukup sensitif. Selain dari itu, perawatan pada anjing kintamani termasuk tidak sulit.

6. Anjing Kintamani Betina Akan Menggali Lubang yang Dalam Saat Hamil

Fakta anjing kintamani selanjutnya, mereka punya kebiasaan yang unik saat hamil. Ketika anjing kintamani betina hamil, mereka punya kecenderungan untuk menggali lubang yang dalam. Hal ini untuk mempersiapkan kehamilan anaknya.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Anjing Maltese. Si Kecil Kesukaan Bangsawan!

Kesimpulan

Itulah beberapa fakta anjing kintamani yang mungkin belum kamu ketahui. Tertarik memelihara anjing kintamani? Yuk konsultasikan hal ini terlebih dahulu pada dokter hewan di aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan secara online.

Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini. Tunggu apalagi? Yuk konsultasikan kesehatan hewan kamu di aplikasi Hewania!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!