bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanKucing Mata Beda, Kenapa Hal Ini Terjadi?

November 30, 2022by HEWANIA0

Hewanians, tidak bisa dipungkiri jika mata kucing sangatlah indah. Apalagi jika mata yang mereka miliki punya warna yang berbeda, keunikan ini semakin membuat kucing memiliki penampilan yang lebih indah.

Lalu, apa alasan kucing mata beda? Apakah hal ini berbahaya atau hanya hal normal saja? Buat kamu yang penasaran, yuk pelajari selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Baca juga: 6 Cara Mengobati Sakit Mata pada Kucing Secara Alami di Rumah

Kucing Mata Beda, Apa Penyebabnya?

Kondisi kucing mata beda disebut dengan nama heterochromia. Menurut cats.org.uk, heterochromia adalah kondisi yang dapat mengakibatkan kucing memiliki dua warna mata yang berbeda.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan satu iris (bagian mata berwarna) yang berwarna biru sedangkan yang lainnya adalah hijau, coklat, ataupun kuning. Tak hanya kucing, ternyata heterochromia dapat terjadi pada anjing dan manusia loh. Meskipun hal ini masih dalam tahap yang sangat jarang.

Lantas, apa yang menjadi penyebab kucing mata beda? Tak ada penjelasan yang jelas mengenai hal ini. Meski begitu, bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh genetik. Namun, penyebab pastinya masih belum diketahui sampai sekarang.

Biasanya, proses ini terjadi ketika kucing masih tahaAnak kucing dilahirkan dengan dua mata biru dan selama beberapa minggu berikutnya, melanin berpindah ke iris dan menyebabkan perubahan warna menjadi hijau, kuning, atau coklat.

Pada kucing bermata aneh, ini hanya terjadi pada satu mata; yang lain tetap biru. Kadang-kadang sedikit melanin berpindah ke salah satu iris tetapi tidak sepenuhnya mengubah warna mata. Iris itu akan memiliki warna biru di dalamnya serta beberapa warna lain seperti hijau.

Baca juga: Mata Kucing Merah: Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Jenis-jenis Heterochromia

Heterochromia adalah suatu kondisi yang terjadi pada manusia, kucing, dan hewan lainnya. Umumnya, ini adalah saat iris mata memiliki dua warna yang berbeda, tetapi ada beberapa jenis yang berbeda: 

  • Heterochromia lengkap: Satu iris memiliki warna yang berbeda dari yang lain.
  • Heterochromia parsial: Bagian dari satu iris memiliki warna yang berbeda dari yang lain. 
  • Heterochromia sentral: Cincin bagian dalam iris memiliki warna yang berbeda dari bagian luar 

Heterochromia dapat bersifat genetik atau dapat disebabkan oleh penyakit atau cedera.

Ketika Mata Kucing Beda Warna Apakah Penglihatan Mereka Akan Terganggu?

Beruntungnya, kondisi mata kucing beda warna tidak mempengaruhi penglihatan kucing, Hewanians! Meski begitu ada kecenderungan kucing mata beda yang punya bulu putih dapat terserang tuli.

Meski begitu, kamu harus khawatir jika mata kucing kamu tiba-tiba berubah warna saat berusia lebih dari 12 minggu. Ada beberapa penyakit yang mungkin menyebabkan hal ini. Dan jika hal ini terjadi, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter hewan.

Beberapa Ras Kucing yang Matanya Rentan Berbeda Warna

Ternyata kondisi kucing mata beda bisa rentan terjadi pada beberapa ras loh. Beberapa ras yang punya kecendurungan tinggi memiliki mata yang berbeda warna adalah:

  • Angora 
  • Turkish Van 
  • Japanese Bobtail

Baca juga: 7 Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobatinya

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap soal kucing mata beda. Meski secara umum tidak berbahaya, namun kondisi ini bisa menjadi masalah jika terjadi pada usia tertentu. Masih penasaran dengan informasi kucing mata beda? Kamu bisa menanyakannya langsung pada dokter hewan di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan secara online. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel informatif tentang kesahatan hewan lainnya.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!