bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ini 8 Ras Anjing yang cocok untuk Cat-person!

December 27, 2023by HEWANIA0

   Perdebatan terpolarisasi antara dog person dengan cat person telah membuat banyak orang percaya bahwa kucing dan anjing berada pada sisi berlawanan pada spektrum yang tidak memiliki titik temu. Anjing bukanlah kucing begitu pula sebaliknya. Namun terdapat stereotip tertentu yang sangat luas yang membuat kita mengaitkan kucing dengan anjing. Meskipun demikian bukan berarti pecinta kucing tidak bisa menjadi pecinta anjing.

Baca Juga: Tips Memilih Pet Hotel untuk Libur Natal dan Tahun Baru

 

      Meskipun pecinta kucing menghargai sifat- sifat kucing mereka seperti kemandirian, kecerdasan, dan kebersihan. Ada ras anjing juga yang memiliki karakteristik yang sama. Bahkan ada ras anjing yang bisa menyelinap di sekitar rumah anda dengan bersembunyi- sembunyi seperti manusia.

    Jika anda pecinta kucing ingin memperluas wawasan anda dengan anjing pendampingnya, berikut beberapa ras anjing yang bisa anda pertimbangkan.

 1. Shiba inu

   Shiba inu merupakan jenis anjing jepang kuno yang terlihat seperti anjing. Namun, ketika anda membedah ciri- ciri kepribadian shiba inu, mudah untuk mengetahui mengapa ras anjing ini cocok untuk ras anjing mirip kucing.

    Shiba inu sangat menyenangkan berada didekat anda dan sekedar temperamennya yang seperti kucing. Shiba inu sangat senang menjaga tubuhnya untuk tetap bersih dan terawat dan anda akan sangat sering melihat anjing ini menjilati tubuhnya dengan sangat cermat seperti yang dilakukan kucing. Selain grooming tubuh shiba inu juga memiliki kualitas yang sama dengan kucing yaitu dengan memberitahu kepada anda apakah mereka tertarik dengan permainan tersebut atau tidak.

2. Afghan hound

    Keagungan dan kemewahan anjing ras afghan hound membuat ras ini sejajar dengan ras kucing glamour seperti persia dan himalaya. Namun selain penampilannya yang berkilau, afghan hound adalah jenis anjing yang sangat mandiri. Afghan hound dibiakkan untuk bekerja secara mandiri dibandingkan mengikuti arahan manusia. Sifat mandiri ini ditambah dengan dorongan memangsa yang tinggi dari ras ini, menjadikan ras ini sangat mirip kucing. 

 3. Italian greyhound

   Versi miniatur greyhound, ukuran kecil dan keanggunan ideal dari italian greyhound membuat mereka sangat mirip kucing. Italian greyhound juga menikmati berjemur seperti kucing dan sangat benci basah. Dan sama seperti kucing, anjing greyhound suka berada di permukaan yang tinggi.

Anjing- anjing ini juga dikenal karena nalurinya dalam mengejar suatu sifat yang tidak dapat disangkal dimiliki oleh kucing domestik dan liar.

 4. Saluki

    Meskipun ras jenis ini lebih tinggi dibanding teman kucing. Saluki memiliki kepribadian rendah hati yang menempatkan mereka dalam kategori anjing yang bertingkah seperti kucing. Ras ini sangat mungil dan lembut, ras kecil ini bisa menjadi pemalu, manis dan pendiam, memiliki ketenangan dan kedamaian seperti kucing. Saluki merupakan anjing pemburu yang sering digunakan untuk berburu dan balapan meskipun demikian anjing ini termasuk anjing yang tingkah lakunya mirip dengan kucing. Mereka penuh kasih sayang dengan keluarga dan menjauh dengan orang asing.

 5. Pharaoh hound

   Dalam keterampilan berburu kucing biasanya mengalahkan anjing. Mereka mengintai dan melacak mangsa dengan sangat efisien. Namun ras anjing tertentu juga mahir berburu, dan ras pharaoh hound adalah salah satu ras anjing yang dapat membuat kucing kehabisan uang. Anjing ini dikenal dengan keterampilan berburunya yang luar biasa yang diperkuat dengan kekuatan penciuman, kecepatan, dan stamina yang tiada tara. Mereka bisa diandalkan menjadi anjing pemburu dan pemburu kelinci yang handal. 

 6. Whippet

    Jika anda mengetahui tentang sesuatu tentang kucing, anda memahami bahwa mereka cenderung menjadi gila tengah malam di mana mereka bermain dan berburu pada jam- jam yang tidak pantas sementara manusia mencoba untuk tidur. Whippet dan kucing memiliki dorongan memangsa yang kuat, mereka berdua juga bisa jadi gila memburu hewan- hewan kecil. Bila olahraganya terpenuhi, whippet cenderung bermalas- malasan di rumah. Seperti kucing, mereka suka bersantai di tempat yang hangat. 

 7. Papillon

   Anjing yang ramah keluarga ini bisa menjadi hewan pendamping yang baik, terutama bagi keluarga dengan anak- anak. Ras anjing papillon cerdas, licik, dan bersaing dengan kucing dalam hal kecerdasan. Papillon sangat bersahabat dengan anak- anak dan orang dewasa. Namun trah ini perlu pelatihan agar bisa disosialisasikan dengan baik. Anjing- anjing ini sama cerdasnya dengan kucing. Selain itu anjing ini juga sangat percaya diri dan nyaman.

 8. Shar pei

   Shar pei adalah anjing yang sangat kuat dan berotot, jadi mereka mungkin bukan ras pertama yang terlintas dalam pikiran anda saat memikirkan anjing mirip kucing. Anjing shar pei ini merupakan ras anjing kuat, agung, mandiri, terkenal karena kecerdasannya dan kesetiaannya. 

   Shar pei termasuk penyendiri, tetapi ketika mereka bersikap ramah kepada anda, kepribadian mereka sebenarnya dan terlihat seperti kucing akan muncul. 

Untuk menjaga kesehatan anjing anda, konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!