bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui 10 Ras Anjing Terbersih!

December 26, 2023by HEWANIA0

Ras anjing bersih

    Apa ras anjing yang paling bersih? Banyak calon pemilik anjing yang rumahnya rapi ingin mengetahuinya. Sayangnya istilah bersih adalah relatif,  dan mungkin berlaku untuk anjing yang memiliki sedikit bau anjing atau anjing yang merawat dirinya seperti kucing. Atau mungkin bersih berarti anjing dengan bulu yang rontok sedikit, hipoalergenik, atau bahkan anjing tanpa bulu sama sekali. Dengan mempertimbangkan faktor- faktor ini berikut adalah sepuluh ras teratas yang termasuk dalam golongan anjing bersih.

Baca Juga: Ketahui tentang Sindrom Gemetar pada puppy!

 

 1. American hairless terrier

    Ras anjing tak berbulu pertama yang berasal dari amerika serikat yaitu american hairless terrier dan diakui oleh american kennel club (AKC) pada tahun 2016. Ras baru ini merupakan hasil mutasi yang terjadi pada ras rat terrier yang lahir pada tahun 1972, menurut AKC. Anjing ini termasuk anak anjing yang tidak berbulu, berkulit merah muda, dengan bintik- bintik hitam yang lucu, penuh kasih sayang, dan penuh semangat. Belakangan ini ras american hairless terrier berkembang biak dan menjadi anjing populer di kalangan keluarga. Sebagai anjing terrier, mereka juga suka bermain di luar, menggali tanah, dan mengejar apapun yang bergerak.

 2. Xoloitzcuintli

    Diakui oleh oleh AKC pada tahun 2010, xoloitzcuintli tidak berbulu atau memiliki bulu pendek. Trah kuno asli meksiko, namanya berasal dari dewa Aztec Xolotl dan itzcuintli. 

    Xoloitzcuintli yang khas, atau disingkat xolo, tenang, menyendiri dan penuh perhatian, dan merupakan anjing pendamping yang sangat baik dengan kebutuhan olahraga dan perawatan sedang. Xolo perlu dimandikan sesekali, setelah itu versi tidak berbulu harus diberi body lotion khusus anjing.

 3. Bedlington terrier

   Jika bersih didefinisikan secara ketat dalam istilah bulu dengan tingkat kerontokan yang rendah, maka bedlington terrier yang lembut dan setia adalah pilihan yang tepat. Trah yang tampak unik dan samar- samar menyerupai domba ini tidak rontok, tetapi bulu satu lapisnya harus dipotong secara teratur. AKC merekomendasikan untuk menemui perawat berpengalaman untuk menjaga bulu bedlington terrier dalam kondisi prima. 

 4. Poodle

    Dikenal sebagai pilihan yang baik bagi penderita alergi karena bulunya yang hipoalergenik dan tidak rontok. Poodle diakui oleh AKC pada tahun 1887 dan hadir dalam tiga ukuran yaitu mainan, miniatur dan standar. Poodle adalah ras yang sangat cerdas, aktif, dan ramah keluarga. 

 5. Chow chow

   Chow chow menggabungkan banyak karakteristik anjing yang bersih, dan menurut AKC anjing chow chow merupakan anjing yang paling bersih : mereka mudah keluar rumah, memiliki sedikit bau anjing, dan umumnya sangat teliti seperti kucing meskipun terkadang chow chow lebih banyak tidak telitinya. 

 6. Japanese chin

    Anjing ras ini dikenal suka merawat dirinya sendiri seperti kucing, japanese chin bahkan bisa mendapatkan hairball. Japanese chin bahkan sangat suka menjilati atau meng grooming kakinya untuk membersihkannya, tidak hanya untuk menghilangkan iritasi atau menenangkan luka seperti ras anjing lainnya. Anjing ras ini merupakan anjing sensitif dan sangat cerdas. Bahkan anjing ras ini japanese chin dikembangbiakkan sebagai anjing pendamping. Namun faktanya anjing ras ini berasal dari tiongkok bukan jepang. Anjing ras ini memiliki bulu panjang dan halus serta perawatannya sangat rendah. Ras japanese chin ini juga cenderung menjadi teman serumah yang pendiam, namun lincah dan suka bermain jika diinginkan seperti kucing.

 7. Basenji

    Anjing basenji memiliki sifat seperti kucing yang acuh tak acuh terhadap orang asing dan memiliki kebiasaan merawat diri sendiri, basenji dikembangbbiakkan di afrika dan dikenal karena ekornya melengkung dan kehadirannya sangat tenang. Anjing ras bulu pendek ini biasanya hanya perlu dibersihkan secara teratur dengan sarung tangan anjing dan mereka tidak memiliki bau khas anjing. Sebagai anjing ras pemburu, basenji memerlukan banyak latihan.  

 8. Greyhound

   Bersih mungkin juga bisa merujuk pada jenis anjing yang lebih pendiam dan tidak terlalu bernergi sehingga mudah bosan dan dengan hobi favoritnya merusak rumah. 

    Greyhound adalah jenis anjing tercepat yang aktif di luar ruangan tetapi suka bersantai di dalam ruangan. Selama kebutuhannya akan olahraga teratur dan ruang lari berpagar terpenuhi, greyhound cukup jinak di rumah. Dan jenis anjing ini merupakan anjing yang sangat rapi dan bersih.

 9. Whippet

Ras anjing rapi lainnya ada whippet yang dikenal dengan tubuh yang ramping, panjang dan kecepatannya seperti anjing pemburu. Karena bulunya yang pendek dan halus, whippet umumnya tidak memiliki bau anjing seperti anjing lainnya. Mereka mudah beradaptasi untuk bersantai bersama di ruang keluarga asalkan memiliki waktu berlari di siang hari.

 10. Pharaoh hound

Mirip dengan whippet dan greyhound. Ras ini juga rapi dan tenang serta lembut di rumah dan bulu pendeknya hanya membutuhkan sedikit perawatan. Anjing ras ini termasuk anjing yang kuat dengan indera penciuman, penglihatan, dan pendengaran yang baik untuk berburu. 

 

Secara umum anjing rutin meng grooming dirinya sendiri. Namun dengan bantuan pemilik untuk olahraga secara teratur, mendapat perhatian cukup, dilatih untuk menjaga sopan santun, dan dimandikan secara teratur untuk mengontrol minyak ditubuhya.

Untuk menjaga kesehatan anjing anda, konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!