bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

4 Perbedaan Anjing Maltese dan Shih Tzu. Yuk Simak!

February 17, 2023by Galih Primananda0

Anjing Maltese dan Shih Tzu adalah dua ras anjing kecil yang populer sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia.

Keduanya banyak disukai oleh orang karena ukurannya yang kecil, bulu yang lebat, lucu, dan sifat yang ramah terhadap manusia.

Meskipun kedua jenis anjing tersebut memiliki beberapa kesamaan, namun ada perbedaan yang signifikan dalam penampilan, sifat, dan kebutuhan perawatan.

Yuk ketahui 4 perbedaan anjing maltese dan shih tzu!

Baca juga: Diakui Dunia! Ini 6 Fakta Anjing Kintamani

Mengenal Lebih Dekat tentang Anjing Maltese dan Shih Tzu

Maltese adalah salah satu anjing paling tua di dunia ini.  Saking tuanya, mereka bahkan sudah hidup sejak ratusan tahun yang lalu.Terkenal dengan mantel panjang mereka yang memukau, Maltese adalah anjing n yang menyenangkan, menawan, dan mudah beradaptasi. Mereka juga adalah anjing mainan yang penuh kasih sayang dengan berat kurang dari tujuh pon, ditutupi oleh bulu panjang, lurus, dan halus.

Di sisi lain, Shi Tsu (diucapkan ‘sheet-su’; orang Cina mengatakan ‘sher-zer’), memiliki berat antara 9 sampai 16 pon, dan tinggi antara 8 dan 11 inci. Mereka punya warna mantel yang beragam. Shih Tzu terkenal sebagai anjing yang imut dan lincah.

Selain itu, anjing ini dikenal sangat sayang dengan anak-anak. Sebagai anjing kecil yang dibesarkan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam istana kerajaan, mereka menjadi hewan peliharaan yang hebat jika kamu tinggal di apartemen atau tidak memiliki halaman belakang yang luas.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Anjing Maltese. Si Kecil Kesukaan Bangsawan!

Perbedaan Anjing Maltese dan Shih Tzu

1. Penampilan

Anjing Maltese dan Shih Tzu memiliki penampilan yang cukup berbeda. Anjing Maltese memiliki bulu yang panjang, halus, dan putih yang menutupi tubuhnya secara merata. Mereka memiliki ukuran yang kecil dengan berat yang hanya berkisar antara 1-3 kg.

Sedangkan Shih Tzu memiliki bulu yang panjang, lebat, dan warna yang lebih variatif, dengan ukuran yang sedikit lebih besar daripada Maltese. Mereka bisa mencapai berat hingga 7 kg.

2. Sifat

Selain penampilan, perbedaan anjing maltese dan shih tzu yang selanjutnya adalah sifat.

Anjing Maltese dan Shih Tzu juga memiliki perbedaan dalam sifatnya. Anjing Maltese dikenal sebagai anjing yang ceria, energik, dan mudah dilatih. Mereka sangat dekat dengan pemiliknya dan suka memperhatikan aktivitas manusia di sekitarnya.

Di sisi lain, Shih Tzu cenderung lebih mandiri dan kadang-kadang sedikit sulit dilatih. Mereka juga memiliki sifat yang tenang dan tidak terlalu cerewet seperti Maltese.

3. Kebutuhan Perawatan

Kebutuhan grooming dan perawatan lainnya juga menjadi perbedaan anjing maltese dan shih tzu. Karena bulu yang lebat, kedua jenis anjing ini membutuhkan perawatan bulu yang cukup intensif.

Namun, Shih Tzu memiliki bulu yang lebih panjang dan lebih banyak bulu dibandingkan dengan Maltese. Oleh karena itu, mereka memerlukan perawatan bulu yang lebih sering daripada Maltese.

Selain itu, Maltese dan Shih Tzu juga memiliki kebutuhan gizi yang berbeda, dengan Maltese yang memerlukan lebih banyak protein dalam makanannya.

4. Kesehatan

Perbedaan anjing maltese dan shih tzu selanjutnya adalah kesehatannya. Kedua jenis anjing ini juga memiliki masalah kesehatan yang berbeda.

Anjing Maltese cenderung mengalami masalah gigi dan masalah pernapasan seperti batuk dan bersin. Sementara itu, Shih Tzu cenderung mengalami masalah kulit dan sensitif terhadap beberapa makanan tertentu.

Anjing Maltese dan Shih Tzu adalah dua jenis anjing kecil yang populer sebagai hewan peliharaan.

Mereka memiliki perbedaan dalam penampilan, sifat, kebutuhan perawatan, dan kesehatan. Oleh karena itu, pemilik anjing harus memperhatikan perbedaan ini dan memilih jenis anjing yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Kamu bisa menanyakan perbedaan anjing maltese dan shih tzu lebih lanjut kepada dokter hewan di aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan layanan konsultasi dokter hewan yang bisa kamu lakukan secara online. Tak hanya itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini. Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!