bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanPup Kucing Lembek: Penyebab hingga Cara Mengatasinya

Februari 7, 2023by HEWANIA0

Pup kucing lembek adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kucing. pup yang lembek dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada kucing, seperti infeksi saluran pencernaan dan bahkan diare.

Kondisi ini dapat sangat membahayakan kucing dan harus segera ditangani.

Penyebab Pup Kucing Lembek 

Penyebab pup kucing lembek biasanya adalah masalah makan. Kucing yang memakan makanan yang tidak sesuai atau memiliki kandungan air yang tinggi akan mengalami pup lembek.

Kucing juga dapat mengalami pup lembek jika mereka mengalami stres atau memiliki infeksi saluran pencernaan.

1. Makanan

Makanan yang tidak sesuai dapat menjadi salah satu penyebab pup kucing menjadi lembek. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu masalah ini adalah:

  • Makanan ringan: Makanan yang memiliki kandungan air tinggi, seperti makanan basah atau makanan ringan, dapat membuat pup kucing menjadi lembek.
  • Makanan dengan bahan tambahan: Makanan kucing yang memiliki bahan tambahan, seperti pewarna atau pengawet, dapat memicu pup kucing menjadi lembek.
  • Makanan yang mengandung banyak bahan pembentuk pup: Beberapa jenis makanan, seperti makanan dengan banyak serat, dapat membuat pup kucing menjadi lembek.
  • Makanan yang tidak cocok dengan sistem pencernaan kucing: Beberapa jenis makanan, seperti makanan untuk anjing atau makanan vegetarian, dapat memicu pup kucing menjadi lembek.

2. Stress

Stress adalah salah satu faktor yang dapat memicu pup kucing menjadi lembek. Ini terjadi karena stres dapat mempengaruhi sistem pencernaan kucing dan memicu perubahan dalam pola pup.

Berikut adalah beberapa cara stress mempengaruhi pup kucing:

  • Mengubah pola makan: Kucing yang stres sering mengalami perubahan dalam pola makan, seperti menolak makan atau makan berlebihan. Ini dapat mempengaruhi konsistensi pup.
  • Mereduksi produksi enzim: Stress dapat mereduksi produksi enzim pencernaan yang diperlukan untuk mencerna makanan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan pup kucing menjadi lembek.
  • Meningkatkan produksi asam lambung: Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat mempengaruhi keseimbangan pH dalam usus dan memicu pup lembek.

Baca juga: Pup Kucing Berdarah

3. Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi saluran pencernaan adalah salah satu faktor yang dapat memicu pup kucing menjadi lembek. Ini terjadi karena infeksi dapat mempengaruhi bagaimana makanan dicerna dan diproses oleh tubuh kucing.

Cara Mengatasi Pup Kucing Lembek

Untuk mengatasi pup kucing lembek, pemilik harus mengubah jenis makanan yang diberikan ke kucing.

Pemilik juga harus memastikan bahwa kucing memiliki akses air yang cukup setiap hari. Jika masalah ini tidak segera diatasi, kucing dapat mengalami dehidrasi dan membutuhkan perawatan medis.

Pemilik juga harus memastikan bahwa lingkungan kucing bersih dan bebas dari bahan kimia yang merusak. Lingkungan yang bersih akan membantu mencegah infeksi saluran pencernaan dan membantu kucing menjaga kesehatan pupnya.

Kucing juga harus memiliki akses ke toilet yang bersih dan mudah dicapai. Kucing yang memiliki akses yang mudah akan membantu mencegah masalah pup lembek.

Dalam beberapa kasus, pup kucing lembek dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Oleh karena itu, jika masalah ini tidak membaik setelah beberapa hari, pemilik harus menemui dokter hewan untuk memastikan bahwa kucing tidak mengalami kondisi medis yang lebih serius.

Pup kucing lembek adalah masalah yang serius bagi pemilik kucing. Pemilik harus memastikan bahwa kucing memiliki akses air yang cukup, makan makanan yang sesuai, dan memiliki lingkungan yang bersih dan bebas dari bahan kimia yang merusak. Jika masalah ini tidak segera diatasi, kucing dapat mengalami masalah kesehatan yang serius.

Jika pup kucing kamu segera memburuk, segera konsultasikan pada dokter hewan secara online di aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania juga menyediakan artikel kesehatan hewan lainnya untuk kamu baca.

Tunggu apalagi? Segera download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!