bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Tips untuk merawat Anjing berwajah keriput!

December 19, 2023by HEWANIA0

    Sulit untuk melihat anjing yang keriput dan tidak tersenyum. Ada sesuatu yang lembut pada anjing pug,  lipatan atau alur pada bulldog, mastiff atau shar pei yang membuat banyak manusia tertarik dengan tampilannya. Namun meskipun sangat menawan tampilannya anjing keriput, kerutan pada wajahnya membutuhkan perawatan ekstra untuk dipelihara. Berikut adalah langkah sederhana untuk menjaga kerutan pada anjing anda tetap sehat dan menggemaskan :

Baca Juga: Ketahui Hiperkeratosis: penebalan pada paw Anjing anda!

 

  1. Jaga kerutannya agar tetap bersih dan kering. Pada anjing brachycephalic bagian kerutan merupakan bagian yang paling penting karena dapat terjadi infeksi kerutan pada wajah. Oleh karena itu menjaga lipatannya untuk tetap bersih dan kering merupakan hal yang penting. Anda dapat membersihkan kerutannya menggunakan tisu basah hipoalergenik tanpa alkohol dan pewangi atau tisu hewan yang mengandung klorheksidin. Mengeringkan dengan baik menggunakan bola kapas dalat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri berlebih. Klorheksidin sendiri merupakan antiseptik yang dapat digunakan untuk membersihkan kerutan anjing dengan lembut dan mencegah infeksi. Tisu klorheksidin aman digunakan pada wajah selama anda menghindari bagian matanya. 

      Bagaimana bagian kerutan itu bisa kotor? Kerontokan rambut yang normal pada bagian dalam lipatan serta penumpukan sel kulit mati, dapat terkumpul di antara lipatan. Lipatan kulit juga cenderung hangat dan lembab. Selain itu sisa kotoran yang makan anjing anda atau sisa kotoran saat ia bermain di luar, bahkan sisa makanan yang mungkin terperangkap dapat menimbulkan gangguan pada anjing anda seperti mengalami iritasi dan infeksi. 

  1. Menutrisi kulit dari luar. Jika anda memiliki anjing dengan wajah berkerut pastikan anda membersihkan lipatan kerutan wajah ini  secara  rutin setiap hari, atau setidaknya dua hari sekali. Namun jika kulit lipatan terlalu kering dapat menyebabkan retakan mikro pada kulit di dalam lipatan. Sehingga hal ini memungkinkan jamur dan bakteri untuk mendapatkan pijakan. Anda dapat memberikan suplemen dengan kandungan mineral karena mineral dapat  membantu membangun kulit dan merupakan sistem penting dalam kekebalan tubuh. 
  2. Memelihara kulit dari dalam. Selain menutrisi kulit dari luar, anda juga perlu memberikan pola makan yang tepat untuk anjing anda. Lengkapi makanan anjing keriput anda dengan pakan yang mengandung minyak ikan yang mendukung kesehatan kulit dan atau suplemen vitamin dan mineral yang dirancang untuk membantu menjaga hewan peliharaannya. Anda dapat menjaga kesehatan kulit dan bulu. Minyak ikan dapat ditambahkan pada makanan harian anjing anda. Sedangkan kunyahan dapat diberikan sebagai camilan seperti suplemen harian. Suplemen omega 3 merupakan suplemen atau anti inflamasi alami yang baik untuk kulit secara keseluruhan.  
  3. Waktu mandi. Saat anda memandikan anjing keriput anda pastikan anda menggunakan sampo pembersih yang lembut dan diformulasikan khusus untuk anjing. Kamu bisa menggunakan spons basah untuk meratakan sampo secara merata serta bersihkan sekitar area kerutan, area genital hingga bantalan kaki. Pastikan anda membilas dengan bersih sisa sampo, terutama di area lipatan. Karena residu sampo yang tersisa pada lipatan kerutan dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit, yang dapat menyebabkan masalah pada kulit. Saat mengeringkan bagian kerutan pastikan untuk menghilangkan banyak kelembaban pada bagian lipatannya untuk mencegah berubah menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri. 

 

Masalah kulit apa yang bisa terjadi?

     Lipatan dan kerutan pada kulit anjing anda dapat merangkap kotoran, debu, air liur dan kotoran dapat mengiritasi kulit sensitif. Karena lipatan kulit sering lembab, lipatan tersebut menyediakan lingkungan yang sempurna untukberkembangnya infeksi bakteri seperti pyoderma. Bila anjing anda mengalami infeksi bakteri pyoderma maka akan muncul gejala sebagai berikut : 

  1. Sering menggaruk
  2. Kulit merah dan bergelombang
  3. Luka yang mengalir
  4. Pustula
  5. Kerak atau sisik pada kulit
  6. Rambut rontok
  7. Bau tidak sedap

 

Anjing apa saja yang beresiko?

    Semua ras anjing yang memiliki kerutan seperti anjing english bulldog, peking, shar pei, pug, neapolitan mastiff, bloodhounds, dan bull mastiff memiliki resiko yang lebih besar terkena pyoderma. Jenis anjing apa lun yang memiliki kerutan atau lipatan serta terjadi penambahan berat badan kuga mungkin mengalami masalah gangguan kulit. 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!