bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Yang perlu diketahui sebelum adopsi Anjing atau Kucing Spesial!

December 20, 2023by HEWANIA0

Mengadopsi hewan peliharaan tentu saja akan sangat menyenangkan. Namun apa jadinya jika anda memilih hewan dengan kebutuhan yang spesial untuk anda adopsi? Anjing atau kucing dengan kebutuhan khusus akan memberikan anda  tantangan unik terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka serta perawatan dan membutuhkan perhatian ekstra bahkan mungkin perlu terapi dan pelatihan khusus. Dan tentu saja semuanya membutuhkan kesabaran, cinta, dan kasih sayang. Banyak hal mendasar yang perlu anda ketahui sebelum mengadopsi kucing atau anjing dengan kebutuhan khusus. 

Baca Juga: Tips untuk merawat Anjing berwajah keriput!

 

Manfaat mengadopsi anjing atau kucing berkebutuhan khusus

Meskipun mungkin adanya kerja ekstra ataupun komitmen finansial sehingga banyak alasan yang perlu dipertimbangakan sebelum mengadopsi anjing atau kucing yang berkebutuhan khusus. Namun meskipun demikian perasaan anda akan menjadi lebih kreatif dan sabar serta akan muncul kegembiraan saat mengetahui anda berkontribusi dalam menyelamatkan dan memberikan kehidupan yang baik kepada hewan yang mungkin tidak bisa diselamatkan. 

 

Pertanyaan yang perlu anda tanyakan saat mengadopsi hewan peliharaan

Pertama-tama anda perlu menanyakan tentang hewan peliharaan dan tingkat energinya, ras, dan persyaratan olahraganya untuk memastikan jenis hewan peliharaan tersebut. Anjing dengan ketulian dan anjing dengan kebutaan merupakan anjing dengan kebutuhan spesial yang membutuhkan rumah baru. Selain anda harus bisa menerima kekurangannya anda perlu membantunya untuk melanjutkan hidupnya sepenuhnya. Anda juga perlu menanyakan pertanyaan- pertanyaan dibawah ini sebelum anda memutuskan untuk mengadopsi mereka :

  1. Saat anda jauh dari rumah bisakan hewan peliharaan dirawat oleh penjaga atau pengasuh hewan? Apakah hewan sebaiknya tetap tinggal di rumah atau bisa dititipkan di rumah anggota keluarga atau di kandang? Apakah hewan memiliki kebutuhan medis khusus atau atau sedang mengonsumsi obat resep? 
  2. Apakah hewan bisa bernavigasi secara mandiri di sekitar rumah? Jika tidak apakah mereka perlu berada di dalam ruangan yang pintunya tertutup?
  3. Apakah hewan peliharaan tersebut bisa diajak bermain atau berjalan- jalan dengan tali? Ataukah bisa tinggal di halaman berpagar dengan pengawasan?
  4. Apakah tangga menjadi masalah?
  5. Apakah mereka sudah bisa melakukan trik atau perintah yang diberikan?
  6. Apakah ia memiliki masalah perilaku terkait dengan disabilitasnya?
  7. Apakah ada kondisi atau suasana lingkungan khusus yang disediakan oleh pemilik atau shelter sebelumnya? Adakah yang perlu diubah?

 

Tips membuat hidup lebih mudah untuk hewan dengan kebutuhan spesial

 1. Jadilah realistik

   Yang perlu anda pahami adalah kecacatan hewan yang akan anda pelihara dapat mempengaruhi gaya hidup anda seperti membuat pengaturan khusus jika anda harus bepergian dengan hewan peliharaan anda, atau saat berjalan- jalan bersama di taman mungkin memerlukan tali pengaman khusus. Atau anda bisa menggunakan kursi roda khusus hewan untuk membantunya lebih aman dan nyaman.

 2. Mintalah nasehat

    Carilah info dari pengasuh anjing atau kucing spesial yang akan anda adopsi untuk mendapatkan apa yang teman berbulu anda sukai atau tidak sukai, cara menangani sesuatu saat mereka ketakutan, lalu latihan atau alat apa yang perlu digunakan untuk memudahkan mereka memasuki lingkungan baru. 

     Apapun yang membuat hewan takut sebaiknya jauhkan, seperti semprotan air, suara keras, kalung kejut elektronik, atau apapun yang menakutkan. Jika anda memilih hewan peliharaan yang tunarungu maka yang dapat anda lakukan adalah memasangkan kalung yang bergetar. Dengan memberikan kalung elektronik yang bergetar secara tidak langsung anda mengajarkan saat kalung bergetar berarti mereka boleh mendapatkan apa yang diinginkan. Sedangkan jika anda memilih anjing atau kucing dengan disabilitas, pastikan semua setiap tempat di rumah anda mudah diakses oleh mereka, seperti permukaan anti slip, tangga hewan peliharaan yang landai, serta akomodasi lainnya yang memudahkan hewan peliharaan anda untuk mengunjungi atau mengakses tempat yang ingin ia kunjungi.

 3. Stay positive

Dengan anda melatih mereka dengan penguatan positif. Untuk anjing atau kucing buta, makanan dan suara lembut anda bisa menjadi penguatnya, sedangkan untuk anjing atau kucing tuli gunakan makanan dan sentuhan lembut untuk memberi tanda bahwa anjing atau kucing anda melakukan hal yang benar. Selain itu pastikan anda mengajaknya ngobrol terlebih dahulu sebelum menyentuhnya agar mereka tidak kaget, seperti saat mereka sedang tidur. Jika hewan anda tunarungu maka anda dapat menghentakkan kaki anda untuk menandakan bahwa anda sudah datang.

Itulah beberapa tips dan penjelasan mengenai tips sebelum anda mengadopsi hewan peliharaan yang spesial.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!