bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenali Tremor pada Kucing Disini. Dari Penyebab hingga Cara Mengatasinya!

December 14, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, tak hanya pada manusia, tremor atau getaran pada kucing bisa terjadi. Tremor pada kucing dan manusia memiliki beberapa kesamaan dalam hal manifestasi fisik, tetapi penyebab dan mekanisme tremor dapat bervariasi. Sama seperti manusia, tremor pada kucing adalah gerakan otot yang tidak disengaja dan bersifat involunter. 

Paparan terhadap zat beracun seperti pestisida, tanaman beracun, atau bahan kimia rumah tangga tertentu dapat menyebabkan tremor pada kucing, Yuk ketahui lebih jauh tentang apa ttu tremor pada kucing pada artikel dibawah ini!

Apa Itu Tremor pada Kucing?

Tremor adalah pergerakan tubuh kucing yang tak terkendali, terkadang tampak seperti otot kecil yang berkedut, atau dalam situasi lain, mengakibatkan getaran dan gemetar pada seluruh tubuh. 

Biasanya, tremor dipicu oleh masalah pada bagian otak yang mengatur gerakan halus. Gerakan ini melibatkan berbagai komponen seperti otak, saraf, sumsum tulang belakang, dan otot yang berkolaborasi. 

Ketiganya membentuk tiga sistem penting: sistem saraf pusat—otak dan sumsum tulang belakang, sistem saraf tepi—rangkaian saraf di seluruh tubuh, serta sistem muskuloskeletal—melibatkan otot, ligamen, tendon, dan tulang.

Lobus frontal otak bertugas merencanakan gerakan dan meneruskan sinyal melalui sumsum tulang belakang ke neuron motorik dalam otot dan kelenjar kucing. Informasi ini kemudian dikembalikan ke sumsum tulang belakang dan batang otak, menyediakan umpan balik ke otak, memungkinkan kucing merasakan sensasi dan mengatur otot untuk bergerak. 

Namun, dalam kasus tremor, masalah pada otak kecil atau batang otak menyebabkan getaran tak terkendali di seluruh tubuh kucing. Jika kamu melihat kucing gemetar, entah itu ringan atau parah, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Penyebab Tremor pada Kucing

Tremor pada kucing dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan penyebabnya bisa bervariasi tergantung pada kondisi spesifiknya. Beberapa penyebab umum termasuk:

Penyakit Neurologis

Gangguan atau penyakit neurologis, seperti epilepsi atau gangguan neuromuskuler, dapat memicu tremor pada kucing.

Hipertiroidisme

Kelebihan produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid dapat menyebabkan gejala gemetar pada kucing.

Kerusakan Otak atau Sistem Saraf Pusat

Trauma kepala, peradangan otak, atau tumor pada otak kucing dapat mengakibatkan tremor.

Racun atau Keracunan:

Paparan terhadap zat racun tertentu, seperti insektisida atau tanaman beracun, dapat menyebabkan gejala tremor.

Gangguan Metabolik

Beberapa gangguan metabolik, termasuk hipoglikemia (kadar gula darah rendah) atau ketosis, dapat memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan tremor.

Efek Samping Obat

Beberapa obat atau pengobatan tertentu dapat menyebabkan efek samping berupa tremor pada kucing.

Infeksi Virus

Infeksi virus tertentu, seperti feline infectious peritonitis (FIP), dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan tremor.

Gangguan Genetik

Beberapa gangguan genetik atau keturunan dapat menyebabkan gangguan neurologis yang menghasilkan tremor.

Stres atau Kecemasan Berlebihan

Kondisi stres atau kecemasan yang berkepanjangan dapat memicu tremor pada kucing.

Jika pemilik kucing melihat adanya tremor atau gejala gemetar, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter hewan. Diagnosa yang tepat akan melibatkan pemeriksaan menyeluruh, termasuk pemeriksaan fisik, tes darah, dan mungkin tes pencitraan seperti sinar-X atau MRI. Setelah diagnosis ditegakkan, dokter hewan dapat merencanakan perawatan yang sesuai sesuai dengan penyebab tremor spesifik pada kucing tersebut.

Gejala Termor pada Kucing

Gejala tremor pada kucing dapat bervariasi tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi tersebut. Beberapa gejala umum yang mungkin terjadi termasuk:

Gemetar atau Goyang Tubuh

Kucing mungkin menunjukkan gerakan tubuh yang tidak terkendali, seperti gemetar atau goyang-goyang. Tremor ini dapat melibatkan seluruh tubuh atau hanya bagian tertentu, seperti kepala atau ekor.

Ketidakmampuan Mengendalikan Gerakan

Kucing mungkin mengalami kesulitan dalam mengendalikan gerakan tubuhnya, terutama saat berusaha melakukan tindakan halus atau presisi seperti makan atau menjilat diri.

Kekakuan Otot

Kondisi tremor seringkali disertai dengan kekakuan otot, membuat kucing terlihat kaku atau sulit untuk bergerak dengan leluasa.

Ketidakseimbangan atau Kesulitan Berjalan

Kucing dapat menunjukkan gejala ketidakseimbangan atau kesulitan berjalan, terutama jika kondisi mempengaruhi koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Perubahan dalam Pola Gerakan Mata

Beberapa kondisi yang menyebabkan tremor pada kucing dapat memengaruhi gerakan mata, menyebabkan nistagmus atau gerakan mata yang tidak terkendali.

Kesulitan Makan atau Menjilat Diri

Kucing dengan tremor mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan atau menjilat diri karena kesulitan mengendalikan gerakan.

Perubahan dalam Tingkah Laku

Tremor dapat mempengaruhi tingkah laku kucing, menyebabkan kecemasan, ketidaknyamanan, atau ketidakmampuan untuk beristirahat dengan nyaman.

Reaksi terhadap Sentuhan atau Gerakan Mendadak

Kucing dengan tremor mungkin lebih sensitif terhadap sentuhan atau gerakan mendadak, karena hal ini dapat memperburuk gejala tremor.

Cara Mengatasi Tremor pada Kucing

Jika pemilik kucing mencurigai adanya tremor atau gejala tidak normal lainnya, sangat disarankan untuk segera membawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan menyeluruh dan diagnosis yang akurat. Setiap gejala yang tidak biasa pada kucing sebaiknya dievaluasi oleh profesional medis hewan untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!