bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Manfaat dan Resiko Coconut Oil untuk anjing! Simak Artikelnya

November 29, 2023by HEWANIA0

   Coconut oil atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa pasti sudah sangat dikenal terutama dikalangan pecinta hewan. Minyak kelapa mungkin bukanlah tren baru, namun diubah menjadi suplemen yang bermanfaat untuk hewan peliharaan tentu saja masih banyak pemilik hewan yang belum mengetahuinya. Minyak kelapa banyak memberikan manfaat untuk membantu anjing dalam mengatasi segala hal permasalah kulit dari kulit gatal hingga gangguan pencernaan. Meskipun demikian mungkin banyak yang berpikir mengenai resiko dari pemberian minyak kelapa ini. 

Baca Juga: Mau Pelihara Anjing Pitbull? Yuk Baca dulu Informasinya Disini!

 

Apa itu coconut oil atau minyak kelapa?

    Minyak kelapa diekstraksi dari kelapa matang dan terbentuk dari minyak nabati yang digunakan dalam makanan dan produk kecantikan. Minyak kelapa termasuk tinggi lemak jenuh dan rantai trigliserida sehingga dianggap baik dan bermanfaat bagi kesehatan manusia dan anjing.

 

Apa manfaat coconut oil atau minyak kelapa?

     Pada anjing minyak kelapa tentu saja banyak sekali manfaatnya. Seperti meningkatkan tingkat energi, memperbaiki kulit dan bulu, memperbaiki pencernaan dan mengurangi reaksi alergi. Selain itu minyak kelapa terbukti secara medis juga mampu memperlambat disfungsi kognitif pada anjing. Minyak kelapa diserap di saluran pencernaan dan langsung dibuang ke hati tempat untuk dimetabolisme menjadi energi untuk digunakan. Manfaat lainnya ternyata minyak kelapa juga bisa menjadi pelapis pil untuk membantu anjing menelan obatnya serta saat minyak kelapa dioleskan dapat berfungsi untuk menghaluskan dan menyegarkan bulu anjing. 

 

Bagaimana cara memberikan coconut oil atau minyak kelapa pada anjing?

    Minyak kelapa atau coconut oil umumnya dapat diberikan pada anjing 1 sampai 2 kali sehari setelah makan. Pemberian serta banyaknya minyak kelapa yang diberikan tentu tergantung dari ukuran anjing tersebut. Sebaiknya dosis awal adalah ¼  hingga 1 sendok teh setiap hari untuk anjing kecil. Sedangkan untuk anjing besar 1 sendok makan setiap hari. Namun jika anjing anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan jangan memberikan minyak kelapa lebih dari sekali sehari karena kandungan lemaknya yang tinggi. Anda perlu mengawasi secara ketat saat diberikan minyak kelapa agar tidak terjadi penambahan berat badan yang melonjak.

    Minyak kelapa juga bisa menjadi tambahan suplemen makanan anjing. Anda bisa mencampurkan kunyit, vitamin D dengan minyak kelapa untuk mendapatkan camilan yang optimal. Kunyit berfungsi sebagai anti inflamasi, vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Namun pastikan anjing anda tidak berlebihan karena dapat menyebabkan masalah ginjal. Hingga hari ini sudah banyak sekali produk-produk minyak kelapa atau coconut dalam berbagai bentuk atau kemasan serta dengan range harga yang beragam.

    Selain itu minyak kelapa juga bisa digunakan secara topikal pada kulit anjing. Tujuannya untuk menambah kelembaban kulit dan mencegah kulit kering serta mengelupas. Juga bisa menyegarkan bulu anjing jika digunakan dengan sentuhan ringan. Untuk penggunaannya cukup diberikan secara topikal dengan menuangkan sedikit minyak kelapa ke tangan anda lalu menggosoknya dengan kedua tangan anda sebelum anda menepuk lembut bulu anjing anda. Kemudian sedikit pijat ke bagian bawah kulit. Anda tidak perlu khawatir saat mereka menjilatnya karena minyak kelapa atau coconut oil memang bisa diberikan secara oral. 

 

Resiko atau kekhawatiran pemberian minyak kelapa atau coconut oil

     Sejauh ini memang coconut oil memang aman untuk anjing, namun tidak menutup kemungkinan minyak kelapa atau coconut oil dapat menimbulkan reaksi alergi pada anjing. Selain itu, memberikan minyak kelapa atau coconut oil pada anjing jika terlalu banyak dapat menyebabkan diare. Oleh karena itu memberikan minyak kelapa atau coconut oil pada anjing harus anda awasi dan pastikan untuk memberikan sesuai takarannya. Memberikan minyak kelapa atau coconut oil juga perlu anda imbangi dengan memberikan gizi yang cukup karena pemberian minyak kelapa atau coconut oil tanpa memberikan gizi yang cukup dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anjing anda sehingga memudahkan penyakit-penyakit lain muncul. 

 

Alternatif lain minyak kelapa atau coconut oil

    Jika anda mendapati anjing anda alergi terhadap minyak kelapa atau coconut oil atau tidak ada perubahan saat memberikan atau perbaikan maka anda perlu alternatif lain. Alternatif lain yaitu minyak ikan air dingin seperti minyak salmon, atau flaxseed oil sebagai sumber asam lemak omega-3 yang juga memberikan manfaat sama bagusnya seperti minyak kelapa atau coconut oil. Pastikan sebelum memutuskan memberikan suplemen apa untuk anjing anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan anda. 

Untuk menjaga kesehatan anjing anda konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!