bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anjing

November 30, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, menghitung  berat badan ideal anjing adalah hal yang penting karena itu dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan dan kesejahteraannya. 

Berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko masalah kesehatan seperti obesitas atau kekurangan gizi pada anjing kamu.

Lalu, bagaimana cara menghitung berat badan ideal anjing? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apakah Setiap Anjing Punya Berat Ideal yang Berbeda-beda?

Ya, setiap ras anjing memiliki berat badan ideal yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ras Chihuahua memiliki berat badan ideal yang jauh lebih ringan dibandingkan ras St. Bernard. Ini disesuaikan dengan ukuran tubuh, kecepatan metabolisme, dan kebutuhan energi yang berbeda antar ras. 

Anjing yang memiliki berat badan sesuai dengan standar ras cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik dan performa yang optimal sesuai dengan karakteristik mereka. 

Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anjing?

Cara menghitung berat badan ideal anjing adalah dengan menggunakan Body Condition Score (BCS). 

Langkah-langkah menghitung berat badan ideal anjing dengan Body Condition Score (BCS) adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan Postur Tubuh Anjing: Amati anjing dari samping dan dari atas. Perhatikan bentuk tubuhnya, termasuk garis punggung, pinggang, dan dada.
  2. Sentuh dan Rasakan Tulang Belakang dan Pinggang: Sentuh tulang belakang dan pinggang anjing. Apakah kamu dapat merasakan tulang-tulang ini dengan mudah, atau apakah ada lapisan lemak yang cukup?
  3. Perhatikan Area Pinggul dan Panggul: Perhatikan apakah area pinggul dan panggul anjing terlihat terlalu mencolok atau terlalu lebar.
  4. Evaluasi Dada dan Perut: Amati apakah dada anjing terlalu menonjol atau terlalu lembek. Perhatikan juga perut, apakah terlihat sangat menggantung atau cukup ramping.
  5. Gunakan Skala BCS: Gunakan skala BCS yang umumnya memiliki rentang nilai dari 1 hingga 9, di mana 1 mewakili kekurangan berat badan ekstrem, 5 adalah berat badan ideal, dan 9 menunjukkan kelebihan berat badan ekstrem.
  6. Tentukan BCS Anjing: Berdasarkan observasi, berikan skor BCS pada anjing. Idealnya, skor BCS 4-5 dianggap sebagai berat badan yang sehat.
  7. Konsultasikan dengan Dokter Hewan: Jika kamu ragu atau ingin penilaian yang lebih akurat, konsultasikan dengan dokter hewan. Mereka dapat memberikan panduan lebih lanjut dan membantu membuat rencana diet dan kebugaran yang sesuai.

Melalui langkah-langkah ini, kamu dapat memantau berat badan dan kesehatan umum anjing kamu dengan lebih baik.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!