bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Simak 8 Fakta tentang Hidung Anjing yang belum anda ketahui!

December 1, 2023by HEWANIA0

    Hidung anak anjing anda merupakan bagian tubuh yang sangat canggih untuk memandunya menjalani hari- hari dengan cara cukup mengesankan. Hidung anjing memiliki fungsi yang secara khusus jauh lebih baik daripada hidung manusia. Anjing anda memiliki sejumlah 300 juta reseptor indera penciuman di hidung mereka. Jumlah ini sangat banyak jika dibanding dengan manusia yang hanya memiliki sekitar 6 juta reseptor. Serta bagian otak anjing anda yang didedikasikan untuk menafsirkan hal ini sekitar 40 kali lebih besar dari otak kita. Berikut adalah 8 fakta menarik mengenai hidung anjing anda yang lebih unggul dibanding hidung anda.

Baca Juga: Mengenal Polidaktil pada Anjing

 

 1. Hidung anjing memiliki dua fungsi yaitu sebagai indera penciuman dan pernapasan

  Hidung anjing memiliki kemampuan untuk memisahkan udara. Sebagian langsung menuju area penginderaan penciuman (yang membedakan aroma), sedangkan yang lainnya dikhususkan untuk pernapasan. 

 2. Anjing memiliki kemampuan bernapas masuk dan keluar secara bersamaan

    Saat anjing anda mengendus, saat itu pula udara dapat masuk dan keluar bersamaan. Hidung anjing memang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan sirkulasi udara yang terus menerus. Tidak seperti manusia yang hanya perlu bernapas masuk atau keluar. Mengendus merupakan kegiatan yang sangat disukai anjing karena dapat membuatnya bahagia, mengendus merupakan cara utama anjing untuk belajar mengenai dunia disekitarnya. Memproses semua informasi akan menstimulasi otak mereka, sehingga membuat mereka tetap fokus dan rileks. Meluangkan waktu saat berjalan- jalan atau diluar sesi latihannya dan membiarkan anjing mengendus- endus merupakan cara yang bagus untuk melatih mentalnya dan membuat bahagia. 

  3. Anjing memiliki organ khusus yang memberi mereka indera penciuman kedua

    Organ vomeronasal anjing membantu mereka mendeteksi feromon yaitu zat kimia yang dilepaskan hewan yang mempengaruhi anggota lain dari spesies yang sama. Organ ini memainkan peran penting dalam reproduksi dan aspek fisiologi serta perilaku anjing lainnya. 

  4. Anjing dapat mencium dalam bentuk 3D

   Anjing dapat mencium secara terpisah melalui setiap lubang hidungnya. Sama seperti mata anda yang menyusun dua pandangan dunia yang sedikit berbeda dan otak anda yang menggabungkannya untuk membentuk gambar 3D, otak anjing menggunakan profil bau yang berbeda dari setiap lubang hidung untuk menentukan dengan tepat di mana letak benda- benda berbau. 

 5. Anjing bisa mencium bau yang tertinggal dalam waktu yang lama

    Anjing juga mampu mendeteksi penurunan kecil konsentrasi molekul bau yang terjadi dalam jangka waktu singkat. Hal ini memungkinkan anjing pelacak dengan cepat menentukan ke arah mana seseorang atau hewan pergi dengan mengendus tanah. 

 6. Hidung anjing telah berevolusi untuk membantu mereka bertahan hidup

Anjing telah menggunakan hidungnya untuk membantu setiap peristiwa besar dalam hidupnya sejak awal zaman. Secara evolusi indera penciuman anjing membantu mereka dalam menemukan pasangan, keturunan dan makanan serta menghindari predator. 

 7. Anjing bisa mencium bau sepuluh ribu kali lebih baik dibandingkan manusia

Indera penciuman anjing merupakan indera yang paling kuat, karena sangat sensitif. Anjing dapat mendeteksi setara dengan ½ sendok teh gula di dalam kolam renang ukuran olimpiade.

 8. Beberapa ras anjing memiliki indera penciuman yang lebih baik dibandingkan dengan ras yang lain.

    Meskipun semua anjing memiliki indera penciuman yang kuat namun beberapa ras anjing memiliki indera penciuman terbaik seperti anjing pekerja yaitu german shepherd, labrador yang memiliki peringkat tertinggi dalam kemampuan penciumannya. Beberapa anjing seperti pug yang memiliki bentuk moncong pendek (brachycephalic) mungkin memiliki gangguan saluran napas yang dapat mempengaruhi indera penciumannya.

 

    Itulah 8 fakta mengenai indera penciuman atau hidung anjing yang sangat luar biasa. Bagi anjing penciuman merupakan hal yang menarik dan rumit. Hidung anjing anda merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk navigasi atau penunjuk dalam dunianya sehingga sangat penting untuk menjaganya tetap terawat dan bersih. Agar anjing anda terhindar dari gangguan- gangguan yang dapat membuatnya tidak nyaman. Jangan lupa untuk rutin memberikannya pelembab agar hidung teman berbulu anda tetap lembab dan tidak kering, terutama di cuaca panas! 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa membawa ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!