bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

6 Cara Bikin Anjing Gemuk dengan Sehat!

November 30, 2023by Galih Primananda0

Menjaga anjing agar tetap sehat dan berada dalam berat badan yang ideal memiliki beberapa manfaat penting, mirip dengan menjaga kesehatan pada manusia. 

Anjing yang memiliki berat badan yang sehat lebih cenderung memiliki kesehatan umum yang baik. Mereka memiliki risiko lebih rendah terhadap berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah persendian.

Yuk ketahui cara bikin anjing gemuk dengan sehat pada artikel dibawah inI!

Berapa Berat Badan Anjing Yang Obesitas?

Anjing mengalami obesitas jika berat badannya 30% atau lebih di atas berat idealnya. Umumnha, obesitas pada anjing terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara jumlah energi yang dikonsumsi versus jumlah energi yang digunakan, meskipun penelitian menunjukkan bahwa faktor lain juga dapat menyebabkan masalah tersebut.

Cara Bikin Anjing Gemuk Dengan Sehat

Menjaga anjing agar tetap sehat dan memiliki berat badan yang ideal adalah hal yang penting bagu kamu. Berikut adalah beberapa cara bikin anjing gemuk dengan dengan sehat!

1. Pemilihan Makanan Berkualitas Tinggi

Pastikan kamu memberikan makanan yang berkualitas tinggi dan dirancang khusus untuk kebutuhan nutrisi anjing. Pilih makanan yang cocok untuk usia, ukuran, dan tingkat aktivitas anjing kamu.

2. Porsi yang Sesuai

Atur porsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian anjing, berdasarkan usia, berat badan, dan tingkat aktivitasnya. Jangan memberikan terlalu banyak makanan agar tidak kelebihan berat badan.

3. Pemberian Makan Rutin

Berikan makan pada waktu yang sama setiap hari dan hindari memberikan makanan manusia atau camilan berlebihan. Menjaga jadwal makan yang teratur dapat membantu mengatur berat badan anjing.

4. Aktivitas Fisik yang Cukup

Pastikan anjing mendapatkan cukup olahraga. Aktivitas fisik membantu membakar kalori dan menjaga kebugaran anjing. Bermain, berjalan, atau berlari bersama anjing secara teratur dapat membantu mencegah kelebihan berat badan.

5. Kontrol Cemilan

Jika kamu ingin memberikan cemilan, pilih camilan yang rendah kalori dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing. Hindari memberikan camilan berlebihan, terutama yang mengandung gula atau lemak tambahan.

6. Jaga Air Minum Cukup

Pastikan anjing memiliki akses yang cukup ke air minum bersih. Air membantu pencernaan dan dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Ingatlah bahwa setiap anjing adalah individu, dan kebutuhan nutrisi mereka dapat bervariasi. Selalu penting untuk memantau kondisi fisik anjing dan berkonsultasi dengan dokter hewan untuk saran kesehatan yang lebih spesifik.

Pentingnya Berkonsultasi Dengan Dokter Hewan

Berkonsultasi dengan dokter hewan tentang berat badan anjing memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa hal ini penting:

  • Penilaian Kesehatan yang Akurat: Dokter hewan memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memberikan penilaian kesehatan yang akurat terkait berat badan anjing. Mereka dapat menilai apakah anjing kamu berada dalam berat badan yang sehat atau mungkin menghadapi risiko kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan.
  • Perencanaan Nutrisi yang Tepat: Dokter hewan dapat memberikan saran tentang jenis makanan dan porsi yang tepat untuk anjing kamu berdasarkan usia, ras, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan umum. Ini membantu memastikan bahwa anjing menerima nutrisi yang dibutuhkan tanpa kelebihan kalori.
  • Pencegahan Masalah Kesehatan: Kondisi kesehatan yang terkait dengan berat badan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah persendian, dapat diidentifikasi lebih awal atau dicegah dengan berkonsultasi secara teratur dengan dokter hewan.
  • Rencana Kesehatan Individual: Setiap anjing memiliki kebutuhan kesehatan yang unik. Dokter hewan dapat membantu membuat rencana kesehatan individual yang mencakup diet, olahraga, dan pemeriksaan kesehatan rutin yang sesuai dengan kebutuhan anjing kamu.
  • Penyembuhan dan Perawatan: Jika anjing kamu sudah mengalami masalah kesehatan terkait berat badan, dokter hewan dapat memberikan perawatan dan rencana penyembuhan yang sesuai. Ini dapat mencakup perubahan diet, program olahraga, atau tindakan medis lainnya.
  • Monitoring Perubahan Kondisi: Berat badan anjing bisa berubah seiring waktu karena faktor-faktor seperti usia, aktivitas, atau masalah kesehatan tertentu. Dengan berkonsultasi secara teratur, dokter hewan dapat membantu pemilik anjing untuk memantau perubahan kondisi dan mengatasi masalah kesehatan yang mungkin muncul.

Berkonsultasi dengan dokter hewan adalah langkah proaktif untuk menjaga kesehatan anjing dan memastikan bahwa mereka memiliki kualitas hidup yang optimal.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!