bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenali cara mengetahui Kesehatan Penis anjing anda!

November 30, 2023by HEWANIA0

    Setiap bagian tubuh bisa saja terluka atau terkena penyakit, termasuk bagian penis anjing. Masalah yang mempengaruhi penis anjing memang akan menimbulkan ketidaknyamanan dan menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Berikut adalah informasi mengenai kesehatan penis anjing anda.

Baca Juga: Manfaat dan Resiko Coconut Oil untuk anjing! Simak Artikelnya

 

Bagian mana yang normal?

    Untuk mengenali apa saja yang salah dengan penis anjing anda, maka anda perlu mengetahui bagaimana keadaan normalnya. Seringkali yang anda lihat adalah bagian kulit terluarnya atau disebut kulit khatan/ selubungnya. Merupakan kulit dan jaringan lain yang menyelubungi penis saat tidak sedang ereksi. Penis sendiri ditutupi oleh selaput lendir, yang membuatnya tampak lembab dan berwarna merah muda cerah atau merah. 

    Sejumlah kecil kotoran berwarna putih kekuningan atau bahkan sedikit kehijauan yang terkumpul di sekitar lubang khatan anjing disebut dengan smegma dan kondisi tersebut termasuk normal. Penis anjing tetap kaku meskipun sedang tidak ereksi karena terdapat tulang yang disebut os penis. Anjing juga memiliki dua kelenjar yang disebut bulbus glandis terletak di kedua sisi pangkal penis. Saat anjing terangsang, bulbus glandis membengkak karena adanya lonjakan darah kemudian menciptakan dua benjolan mudah terlihat. Ereksi dapat terjadi bahkan jika anjing dikebiri, lalu ereksi juga dapat menyebabkan seluruh penis membesar dan bulbus glandis meluas keluar kulit khatan. Penting untuk diperhatikan bahwa ereksi anjing dapat berlangsung hanya beberapa menit atau hingga satu jam atau lebih. 

 

Bagaimana penis yang terinfeksi?

    Anda pasti sering khawatir penis anjing anda terinfeksi. Terkadang apa yang anggap sebagai nanah atau tanda infeksi hanyalah smegma biasa. Beberapa anjing meskipun sehat, akan menghasilkan smegma dalam jumlah yang mengejutkan, karena mereka sering menjilati penisnya untuk mengeluarkannya. Namun, keluarnya cairan dari kulit penis anjing ini dan jilatannya yang berlebihan juga bisa menjadi gejala paling umum dari infeksi pada penis atau kulitnya. Mungkin anda akan sedikit kesulitan untuk membedakan mana kondisi yang normal dan mana kondisi yang sedang tidak normal, untuk itu anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan anda jika gejala yang muncul pada anjing anda antara lain :

  1. Anjing anda menjilati area penis nya secara berlebihan dan lebih sering dari biasanya
  2. Anjing anda tampak lesu atau sakit
  3. Cairan yang berwarna putih keluar lebih banyak atau bahkan mengalami perubahan warna

 

Mengapa anjing saya menjilati penisnya?

    Anjing menjilati penisnya tentu untuk membantu penisnya tetap terjaga kebersihannya dan mungkin juga hanya karena mereka merasa nyaman saat menjilati penisnya. Beberapa anjing akan menjilati atau merangsang sendiri penisnya hingga terjadi ereksi meskipun mereka telah dikebiri atau di steril. Perilaku ini bisa anda abaikan kecuali jika anjing anda melihat adanya perubahan pada penisnya atau perubahan pada kondisi kesehatan anjing anda. 

 

Mengapa ada darah yang keluar dari penis anjing saya?

    Darah dapat keluar atau muncul pada penis anjing anda saat terjadi luka pada kulitnya atau mungkin adanya gangguan kesehatan seperti kondisi yang mempengaruhi saluran kemih (infeksi, tumor, batu kandung kemih) gangguan pembekuan darah, dan penyakit pada kelenjar prostat. Penyebab paling umum keluarnya darah dari penis pada anjing jantan yang tidak dikebiri adalah hipertrofi prostat jinak (BPH), pembesaran kelenjar prostat non- kanker yang berhubungan dengan paparan testosteron. Keluarnya darah dari penis merupakan tanda abnormal dari kesehatan penis anjing sendiri sehingga anda perlu memeriksakannya ke dokter hewan apabila penis anjing anda mengeluarkan darah.

 

Mengapa penis anjing saya terjebak ereksi dan tidak bisa kembali?

    Jika penis anjing anda mengalami ereksi dan terlihat selama beberapa selang waktu kemudian kembali lagi masuk sepenuhnya ke dalam kulit penis maka kondisi tersebut adalah normal sehingga anda tidak perlu khawatir. Meskipun demikian terkadang anjing mengalami ereksi terus- menerus atau tidak dapat kembalinya penis ke dalam kulit khatan akibat bulu yang mengelilingi penis sehingga membuatnya geli, gangguan neurologis, penyakit prostat atau kelainan anatomi. Terkadang juga terjadi saat anjing anda sedang mengawini betinanya dan sebelum selesai anda mengambil atau mengangkat anjing pejantan anda.

Jika penis berubah warna dan jaringannya yang lembab berubah menjadi kering maka segera bawa anjing anda ke dokter hewan. Bila dibiarkan akan terjadi kesulitan buang air kecil dan kerusakan permanen pada penis. 

 

Apakah penis anjing saya bengkak?

    Penis akan membengkak saat mengalami ereksi dan kondisi tersebut adalah normal. Pembesaran bulbus glandis akan sangat jelas terlihat karena menyebabkan terbentuknya benjolan yang cukup besar di kedua sisi pangkal penis. Selama bengkak penis anjing anda dapat kembali ke posisi normal atau ukuran normal tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Namun jika penis tetap membesar dalam jangka waktu yang lama dan diikuti dengan gejala lesu, nafsu makan buruk, rasa tidak nyaman, hingga keluarnya cairan tidak normal pada kulit penis. Maka segera konsultasikan dengan dokter hewan anda. Infeksi, cedera, hingga tumor bisa menyebabkan penis anjing anda tampak bengkak.

 

   Oleh karena itu rutinlah melakukan medical check up untuk kesehatan anjing anda setiap 6 bulan sekali. Anda juga bisa datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!