bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kapan Mata Anak Kucing Berubah? Ini Jawabannya!

Kapan mata anak kucing berubah merupakan pertanyaan yang sering muncul di kalangan pecinta kucing. Mata anak kucing yang lahir terlihat sedikit berbeda dari kucing dewasa, dan sering kali memiliki warna yang tampak samar atau bahkan tampak seperti mata biru. Namun, perubahan mata yang menarik ini tidak terjadi secara instan.

Yuk ketahui jawaban dibalik kapan mata anak kucing berubah!

Baca Juga: Apakah Mata Kucing Berair Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Kapan Mata Anak Kucing Berubah?

Menurut Rowyn C. Rose, seorang dokter hewan dari Basepaws, mata kucing memiliki pigmen sel khusus yang disebut melanosit yang ditemukan di iris (bagian mata yang berwarna).

Lapisan depan iris, yang dikenal sebagai stroma, menyerap panjang gelombang yang lebih panjang dan mencerminkan panjang gelombang yang lebih pendek, berdasarkan jumlah melanosit.

Inilah mengapa sebagian besar kucing dewasa memiliki warna mata yang lebih beragam. Hal ini karena kucing dewasa memiliki pigmen melanosit yang lebih banyak. Berbeda dengan anak kucing yang lebih sedikit.

Lalu, kapan mata anak kucing berubah? Mata anak kucing berubah ketika mereka berusia 4-8 minggu. Pada usia ini, melanosit bermigrasi ke iris dan menghasilkan melanin. 

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Mata, Secara Cepat Agar Sembuh!

Bisakah Mengetahui Umur Anak Kucing Berdasarkan Matanya?

Dokter hewan profesional tidak menggunakan mata anak kucing yang berubah warna sebagai indikator usia. Mereka lebih cenderung menggunakan gigi sebagai perkiraan usia. 

Gigi susu anak kucing dimulai sebagai kuncup gigi, kemudian berkembang menjadi jepit kecil yang tajam dalam waktu tiga hingga enam minggu. Untungnya bagi induk kucing yang menyusui, enam minggu adalah waktu yang tepat bagi anak kucing untuk mulai makan. Kemudian, antara usia 3-6 bulan, gigi susu mereka tanggal, dan mereka akan memiliki gigi dewasa permanen.

Baca Juga: 7 Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobatinya

Kesimpulan

Itulah jawaban dibalik kapan mata anak kucing berubah. Masih penasaran dengan topik seperti ini? Konsultasikan secara langsung lewat dokter hewan di aplikasi Hewania. 

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!