bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Mengenal Polidaktil pada Anjing

November 29, 2023by Galih Primananda0

Polidaktili pada anjing adalah kondisi medis di mana anjing dilahirkan dengan tambahan jari kaki. Umumnya, tambahan jari kaki ini terutama terdiri dari jaringan lunak.

Kondisi ini tampaknya lebih sering terjadi pada beberapa ras dibandingkan ras lainnya, dengan ras Gembala Australia, Lundehund Norwegia, dan Great Pyrenees secara khusus mungkin memiliki kecenderungan terhadap polidaktili.

Yuk ketahui apa itu polidaktil pada anjing di bawah ini!

Apa itu Polidaktil pada Anjing?

Polidaktil pada anjing adalah kondisi medis di mana seekor anjing dilahirkan dengan jumlah jari kaki yang lebih banyak dari yang biasanya dimiliki oleh anjing pada umumnya.

Biasanya, tambahan jari kaki tersebut terutama terdiri dari jaringan lunak. Kondisi ini dapat memengaruhi berbagai ras anjing, tetapi beberapa ras, seperti Gembala Australia, Lundehund Norwegia, dan Great Pyrenees, mungkin memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami polidaktili.

Penyebab Polidaktil pada Anjing

Penyebab polidaktili pada anjing seringkali adalah mutasi genetik. Jari kaki ekstra dapat ditemukan di tungkai depan atau belakang. Biasanya, seekor anjing dilahirkan dengan empat jari kaki dan cakar embun di kaki depannya, serta empat jari kaki di masing-masing kaki belakangnya.

Apakah Polidaktili Bisa Menyerang Ras Anjing Tertentu?

Menariknya, beberapa ras seperti Lundehund Norwegia dibiakkan untuk memiliki jari kaki ekstra. Faktanya, Lundehund memiliki enam per kaki.

Hal ini untuk membantu mereka menavigasi medan bersalju dan tidak rata. Beberapa ras lain yang sering memiliki jari kaki ekstra antara lain:

  • Australian Shepherd
  • Anatolia Shepherd
  • Great Pyrenees
  • Beauceron
  • Briard

Apakah Polidaktil pada Anjing Berbahaya?

Secara umum, polidaktil pada anjing tidak dianggap sebagai kondisi yang berbahaya atau merugikan secara langsung bagi kesehatan anjing.

Kebanyakan anjing dengan polidaktil dapat hidup dengan nyaman dan berfungsi tanpa kendala kesehatan yang signifikan.

Namun, terkadang kondisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah, terutama terkait dengan mobilitas atau perubahan pada struktur kaki.

Beberapa masalah yang mungkin timbul melibatkan ketidakstabilan sendi atau gangguan lainnya yang dapat mempengaruhi cara anjing berjalan atau berlari.

Penting untuk diingat bahwa efek dari polidaktil bisa bervariasi tergantung pada seberapa serius tambahan jari kaki tersebut dan bagaimana struktur kaki secara keseluruhan terpengaruh. Jika kamu memiliki anjing dengan polidaktil, berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk evaluasi lebih lanjut dan saran tentang perawatan atau tindakan yang mungkin diperlukan sesuai dengan kondisi spesifik anjing.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!