bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

8 Tips Menjaga Berat Badan Anjing Agar Tetap Ideal

December 1, 2023by Galih Primananda0

Hewaniana, berat badan ideal berkaitan dengan kesehatan umum anjing. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes, arthritis, dan masalah jantung.

Berat badan ideal mendukung tingkat energi yang seimbang dan aktivitas fisik yang optimal, memastikan bahwa anjing tetap aktif dan bahagia.

Yuk ketahui tips menjaga berat badan anjing pada artikel dibawah ini!

Berat Badan Ideal Anjing

Setiap ras anjing akan memiliki berat badan idealnya masing-masing. Sebagai contoh, Ras Kecil seperti Chihuahua ataupun Pomeranian), biasanya berkisar antara 1 hingga 6 kilogram.

Di sisi lain, ras medium seperti Golden Retriever dan Labrador Retriever) dapat memiliki berat badan ideal antara 25 hingga 40 kilogram atau lebih, tergantung pada jenis kelamin dan struktur tubuh.

Untuk menghitung berat badan ideal anjing, kamu perlu mengetahui Body Condition Score (BCS). BCS adalah skala yang digunakan untuk menilai komposisi tubuh anjing, memperhatikan lemak dan otot. 

Skala ini biasanya berkisar dari 1 hingga 9, di mana nilai 1 menunjukkan kekurangan berat badan ekstrem, 5 adalah berat badan ideal, dan 9 menunjukkan kelebihan berat badan ekstrem. 

Evaluasi BCS melibatkan pengamatan dan sentuhan untuk menentukan apakah anjing memiliki kelebihan lemak atau kekurangan berat badan. Hal ini membantu pemilik hewan dan dokter hewan untuk mengelola diet dan kebugaran anjing secara lebih efektif.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anjing

1. Porsi Makan yang Sesuai

Berikan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan energi dan ukuran anjing. Ikuti petunjuk pada kemasan makanan atau konsultasikan dengan dokter hewan.

2. Jadwal Makan Tetap

Tetapkan jadwal makan yang konsisten untuk membantu mengatur metabolisme anjing.

3. Pilihan Makanan Berkualitas

Pilih makanan anjing berkualitas tinggi dengan kandungan gizi yang seimbang.

4. Aktivitas Fisik Rutin

Berikan anjing aktivitas fisik yang cukup, termasuk berjalan-jalan, bermain, dan berolahraga sesuai dengan jenis rasnya.

5. Batasi Camilan

Hindari memberikan camilan berlebihan. Jika memberikan camilan, pastikan itu sejalan dengan kebutuhan kalori harian anjing.

6. Monitor Berat Badan

Lakukan pemantauan teratur terhadap berat badan anjing dan sesuaikan porsi makan jika diperlukan.

7. Perhatikan Tanda Kesehatan

Waspadai perubahan dalam perilaku atau kesehatan anjing yang mungkin memengaruhi berat badannya.

8. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter hewan untuk saran khusus tentang diet dan kebugaran anjing kamu.

Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, kamu dapat membantu menjaga berat badan ideal anjing dan memastikan kesehatannya tetap optimal.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!