bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatan10 Tanda Anak Kucing Mati dalam Perut. Yuk Simak!

Desember 12, 2022by HEWANIA0

Hewanians, kehamilan pada kucing merupakan momen yang sangat ditunggu oleh para pet parents. Meski begitu, kamu harus waspada terhadap masalah-masalah yang mungkin muncul, termasuk meninggalnya anak kucing dalam kandungan.

Ada beberapa tanda anak kucing mati dalam perut induknya. Yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Baca juga: Perut Anak Kucing Buncit Apakah Bahaya? Ini Jawabannya!

1. Pendarahan pada Vagina Induk

Ini merupakan salah satu tanda anak kucing mati dalam perut yang paling umum. Gejala ini bisa muncul entah hanya sebagai bercak ringan ataupun pendarahan hebat. Selain itu, gejala pendarahan juga bisa terjadi secara terus menerus ataupun sekali lalu muncul lagi.

2. Munculnya Cairan

Tanda anak kucing mati dalam perut selanjutnya adalah munculnya cairan. Cairan ini bisa bening, berdarah, ataupun seperti nanah. Selain itu, jumlah cairan ini juga akan bervariasi. Jika kucing hamil kamu tiba-tiba mengeluarkan cairan, segera bawa mereka ke dokter hewan. Hal ini untuk menyingkirkan infeksi ataupun masalah lainnya.

3. Kerap Gelisah dan Mondar-Mandir

Selain perubahan fisik, kucing juga akan mengalami perubahan perilaku saat hal ini terjadi. Salah satunya adalah mereka akan terlihat gelisah dan kerap mondar-mandir. Perilaku mondar-mandir ini mungkin terlihat seolah kucing kamu sedang mencari sesuatu.

Selain itu, perilaku gelisah ini juga bukan hanya tanda anak kucing mati dalam perut loh. Ada banyak sekali penyebab lain yang bisa menyebabkan gejala ini. Oleh karena itu, saat kucing terlihat sangat gelisah, hubungi dokter hewan secepat mungkin.

4. Muntah

Muntah merupakan tanda anak kucing mati dalam perut yang lainnya. Ini karena tubuh anak kucing mengambil ruang yang biasanya diisi dengan makanan. Akibatnya, kucing dapat memuntahkan apa yang telah dimakannya atau mungkin tidak dapat menahan makanannya sama sekali.

5. Menangis

Tak hanya mondar-mandir, kucing juga akan terdengar seperti menangis ketika anak yang ia kandung mati dalam perutnya. Mereka mungkin akan terdengar seperti kesakitan, dengan mengeong keras. Perubahan vokalisasi ini adalah tanda bahwa mereka sedang menghadapi masalah.

6. Nafsu Makan Berkurang

Tanda anak kucing mati dalam perut selanjutnya adalah nafsu makan yang berkurang. Induk kucing akan tampak kurang tertarik pada makanan karena tubuh anak kucing mengambil ruang yang biasanya diisi dengan makanan.

Akibat nafsu makan yang berkurang ini, biasanya penurunan berat badan juga akan terjadi. Jika kamu merasa kucing kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Baca juga: 7 Tanda Kucing Hamil dan Cara Merawatnya

7. Tampak Lesu

Kucing juga akan tampak lesu dan lelah saat anaknya mati dalam perut. Hal ini bisa jadi sebabkan karena tubuh anak kucing menyerap banyak energi serta nutrisi yang biasanya digunakan oleh induk kucing. Jika kamu melihat kucing tampak lebih lesu dari biasanya, segera hubungi dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya.

8. Infertilitas

Infertilitas, atau ketidakmampuan untuk hamil, adalah tanda lain yang harus kamu waspadai saat anak kucing matu dalam perut. Hal ini disebabkan karena rubuh anak kucing yang mati dalam perut dapat dapat menyumbat rahim dan mencegah terjadinya kehamilan normal. Jika kamu melihat kucing sulit hamil, penting untuk membawanya ke dokter hewan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya.

9. Munculnya Abses

Saat anak kucing mati dalam perut induknya, biasanya akan muncul abses atau area yang berisi nanah. Abses ini biasanya akan muncul di area anak kucing yang mati. Kemunculan abses ini biasanya akan diikuti dengan rasa sakit pada kucing.

Oleh karena itu, saat kamu melihat munculnya abses pada tubuh kucing kamu, segera hubungi dokter hewan untuk segera diobati dan anak kucing yang mati bisa dikeluarkan dari perut kucing kamu.

10. Kematian

Tanda anak kucing mati dalam perut yang terakhir sekaligus yang paling berbahay adalah kematian pada induk kucing.

Jika anak kucing yang sudah mati tidak diangkat dari perut, infeksinya bisa menyebar ke organ induk lain dan bisa menyebabkan kematian. Jika kamu merasa induk kucing sedang mengandung anak kucing yang sudah mati, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan yang lebih lanjut.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kucing Hamil. Yuk Simak!

Kesimpulan

Itulah 10 tanda anak kucing mati dalam perut. Jika kamu melihat tanda-tanda diatas terjadi pada kucing kamu, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter hewan. Hal ini untuk menghindari munculnya masalah lain yang berbahaya, termasuk kematian.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di Hewania. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya di aplikasi ini. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!